Pertempuran Melantias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Melanthius
Bagian dari Perang Bizantium-Kutrigur 558–559
Tanggal559
LokasiMelantias 20 km sebelah barat Konstantinopel
Hasil Kemenangan Bizantium
Pihak terlibat
Kekaisaran Bizantium Kutrigur[1] army
Tokoh dan pemimpin
Belisarius Zabergan
Kekuatan
Berkisar 300 kavaleri elit Bizantium dan sejumlah laskar tentara bayaran 2.000 kavaleri ringan
Korban
Tidak diketahui (relatif ringan) 400 terbunuh

Pertempuran Melantias, atau Pertempuran Melanthius, yang terjadi pada tahun 559, adalah pertempuran antara pasukan Kutrigur, yang dipimpin oleh Zabergan, dan Kekaisaran Bizantium, dipimpin oleh Belisarius. Terlepas dari besarnya perbedaan jumlah, tentara Bizantium dengan jelas memenangkan pertempuran dan memaksa Kutrigur untuk mundur.[2] Ini adalah terakhir kalinya Belisarius memerintahkan pasukan dalam pertempuran.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Selama musim dingin 558, Zabergan memimpin pasukan Kugrigur melintasi Danube beku. Pasukan ini menyerbu Moesia dan Thrace, mengancam Konstantinopel. Kaisar Justinian I memanggil Belisarius dari masa pensiun.[3] Belisarius memimpin pasukan kecil yang terdiri dari 300 veteran, bersama-sama dengan tentara lokal, untuk mengusir Kutrigur dari Tembok Theodosian.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Belisarius memutuskan untuk maju untuk bertemu dengan Kutrigur dan mendirikan kemahnya beberapa kilometer dari lawannya di Melantias, sebuah pemukiman sekitar ±32 km dari Konstantinopel. Zabergan ingin mengejutkan orang-orang Byzantium dan meninggalkan kampnya dengan 2.000 penunggang kuda, tetapi dia dikejutkan oleh Belisarius. Menurut sejarawan Bizantium Agathias, Belisarius menggunakan strategi untuk membuat orang Kutrigur percaya bahwa mereka menghadapi kekuatan yang cukup besar; dia meminta para petani setempat untuk mengotori di hutan dan memukul pohon untuk membuat banyak debu untuk menakuti kuda Kutrigur.[4] Pasukan Kutrigur yang mendekati daerah itu panik dan banyak yang terbunuh.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Kutrigur dan sekutu Slav dikalahkan dan mundur. Mereka menjarah Thrace sebelum menyeberangi Danube dan kembali ke asal mereka.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Victor Tonnennensis episcopi. Chronica, c. 560
  2. ^ James C. Bradford, International Encyclopedia of Military History
  3. ^ Tony Jaques, Dictionary of Battles and Sieges, p.651
  4. ^ Amédée Thierry, Histoire d'Attila et de ses successeurs…, p. 367.
  5. ^ Spencer C. Tucker, 500 Great Military Leaders, ABC-Clio, Oxford

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]