Pertempuran Kolubara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pertempuran Kolubara (Serbia: Колубарска битка,Kolubarska bitka ) (bahasa Jerman: Schlacht an der Kolubara) adalah pertempuran antara Austria-Hongaria melawan Serbia pada bulan November dan Desember tahun 1914, selama masa Kampanye serbia pada Perang Dunia I.

Pertempuran ini dimulai pada 16 November, ketika Austro-Hungaria dibawah komando Oskar Potiorek mencapai Sungai Kolubara selama invasi ketiga mereka ke Serbia di tahun tersebut. Setelah berhasil menguasai kota strategis Valjevo dan memaksa Tentara Serbia untuk mundur termasuk dari ibu kota Belgrade pada 29 dan 30 November. Pada 2 Desember, Tentara Serbia melancarkan serangan serangan balik kejutan di garis depan. Sebagai hasilnya, Valjevo dan Užice dapat direbut kembali oleh Serbia pada tanggal 8 Desember, memaksa Austro-Hungaria untuk mundur ke Belgrade.

Pertempuran berlangsung sengit. Karena gempuran balik yang kuat, tentara Austro-Hungaria akhirnya dipukul untuk kembali ke wilayah negara mereka antara tanggal 14 dan 15 Desember. Korban jatuh dari kedua belah pihak cukup besar, dengan lebih dari 20.000 orang tewas pada masing-masing sisi. Bagi Austro-Hungaria, kekalahan ini memalukan. Sebagai akibatnya Potiorek dan von Frank diturunkan dari posisinya dan divisi mereka digabungkan jadi satu.