Pertempuran Gunung Song

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertempuran Gunung Song/ Ramou
Bagian dari Perang Tiongkok-Jepang Kedua
ChineseSoldiersSalweenRiver.gif
Tentara Revolusioner Nasional bertempur di dekat Sungai Salween
Tanggal4 Juni 1944 – 7 September 1944
LokasiGunung Song (Tiongkok), Matsuyama/ Ramou (Jepang) Yunnan
Hasil Kemenangan Sekutu
Pihak terlibat
 Republik Tiongkok
 Amerika Serikat
 Jepang Kekaisaran Jepang
Tokoh dan pemimpin
 Republik Tiongkok Jenderal Li Mi War flag of the Imperial Japanese Army.svg Hisaichi Terauchi
Kekuatan
20.000 1.300 (termasuk 300 prajurit yang terluka).
Korban
7.763 korban (4,000 terbunuh) 1.290 terbunuh[1]
7 tertangkap
1-3 melarikan diri

Pertempuran Gunung Song atau dalam bahasa Jepang di kenal dengan The Battle of Ramou (拉孟 の 戦 い) terjadi pada 1944. Pertempuran ini merupakan bagian dari kampanye barat daya China selama Perang Dunia Kedua. Pertempuran yang terjadi antara Angkatan Darat Kekaisaran Jepang dan Republik Tiongkok ini terjadi pada 4 Juni 1944 hingga 7 September 1944 di daerah Gunung Song, Tiongkok.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Tentara Revolusioner Nasional bertujuan untuk merebut kembali Jalur Burma sedangkan Angkatan Darat Jepang yang berada di selatan Yunnan berusaha untuk memutus laju pasukan Inggris dan Amerika di utara Burma. Tentara Jepang melakukan pemblokiran jalan selama mungkin. Mereka membangun terowongan dan bunker selama dua tahun dan menjadikan gunung tersebut menjadi benteng pertahanan mereka. Mereka juga membangun lubang-lubang perlindungan yang tersembunyi untuk menyergap pasukan Tiongkok.

Wilayah Songshan (dalam bahasa Tionghoa) atau Matsuyama (dalam bahasa Jepang) diblokir hingga ke belakang Sungai Salween. Meskipun pada akhirnya Tentara Revolusioner Nasional dapat menyeberang sungai dengan sedikit kerugian, mereka mendapati pertahanan mereka sangat terbatas.

Pada awalnya pasukan Tiongkok tidak menyadari pertahanan Jepang yang cukup kuat dan meremehkan kekuatan Jepang, sehingga mereka mengalami korban yang cukup besar dan akhirnya bergerak lambat serta hati-hati. Serangan Artileri Tiongkok dan Amerika Serikat juga tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap pasukan Jepang yang bersembunyi di bawah tanah. Barulah setelah tiga bulan pertempuran, pasukan Tiongkok akhirnya berhasil merebut kembali Gunung Song melalui pengeboman dan bantuan dari Amerika Serikat. Mereka menggunakan beberapa ton TNT untuk meledakan terowongan-terongan yang terletak di bawah benteng[2].

Akhirnya setelah menguasai dan membuka kembali Jalur Burma, pasokan pasukan Tiongkok dapat kembali menggunakan jalur darat. Serangan ini merupakan tempat pertama yang direbut kembali oleh pasukan Tiongkok selama berlangsungnya Perang Tiongkok-Jepang Kedua.

Untuk mengenang peristiwa pertempuran ini, pemerintah Tiongkok membangun sebuah taman memorial di atas gunung dengan 402 patung yang mewakili tentara dari Angkatan Darat Ekspedisi Tiongkok dan tersebar di area seluas 190.000 meter persegi[3].

Korban Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Dari pihak Jepang, tercatat hanya satu orang yang selamat yaitu Kapten Kinoshita, seorang perwira artileri, sedangkan satu prajurit lain sudah pergi malam sebelum benteng direbut oleh pasukan Tiongkok, untuk mengirimkan informasi ke pusat komando Jepang. Sumber catatan Tiongkok, mereka menangkap tujuh prajurit, tetapi sumber Jepang tidak menyebutkan adanya tahanan. Berdasarkan pengakuan perwira staff senior, Masanobu Tsuji, sekitar 12 orang wanita penghibur Jepang turut bunuh diri menjelang pengepungan dan lima atau enam orang wanita penghibur korea ditangkap oleh pasukan Tiongkok dan Amerika, mereka akhirnya dipulangkan[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Article about War of Resistance http://www.china1931.cn/China/ShowArticle.asp?ArticleID=7648 Diarsipkan 2016-03-03 di Wayback Machine.
  2. ^ <http://www.cbi-theater.com/roundup/roundup102644.html
  3. ^ Ranran, Liu, ed. (September 4, 2013). "Sculptures of China Expeditionary Force Completed in Yunnan". CRIENGLISH.com. 
  4. ^ The Chrysamthemum and the Dragon, Sagara Jyunsuke, Kojinsha Press, Tokyo 2004, 菊と龍祖国への栄光の戦い、光人社、東京、2004

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • 《陆军第八军松山围攻战史》,国民党陆军第八军司令部参谋处编撰,重庆陆军大学1947年编印
  • 《陆军第八军第一零三师围攻松山战斗详报》,第二历史档案馆馆藏资料
  • 《陆军第八军第一零三师滇西阵中整训日记》,第二历史档案馆馆藏资料
  • 《滇西作战实录》吴致皋著,台北文星书店中华民国五十一年(1962年)5月第一版
  • 《中国远征军战史》徐康明著,纪念抗日战争及世界反法西斯战争胜利50周年丛书,军事科学出版社1995.7
  • 《中缅印战场抗日战争史》徐康明著,解放军出版社2007.7第一版
  • 《1944:松山战役笔记》余戈著,生活.读书.新知三联出版社2009.8

Bahasa Jepang