Pertempuran Dua Sungai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertempuran Dua Sungai
Tanggal671
Lokasitidak pasti
Hasil Kemenangan Northumbria
Pihak terlibat
Pict Northumbria
Tokoh dan pemimpin
Drest mac Domnal Ecgfrith

Pertempuran Dua Sungai adalah sebuah konflik yang berlangsung antara Pict dan Northumbria pada tahun 671. Lokasi pasti pertempuran tidak diketahui. Konflik ini menandai berakhirnya pemberontakan Pict di awal pemerintahan Ecgfrith, dengan kemenangan yang menentukan bagi Northumbria. Pengesahan pertempuran terbatas pada kisah oleh Stephen dalam Vita Sancti Wilfrithi.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Selama abad ke 7, Northumbria semakin memperluas wilayah mereka ke utara. Tawarikh Tigernach mencatat pengepungan Etain pada tahun 638[1], ditafsirkan sebagai penaklukan Din Eidyn (Edinburgh) oleh Northumbria pada masa pemerintahan Oswald, menandai pencaplokan wilayah Gododdin di selatan Forth[2].

Di utara Forth, negara-negara Pict terdiri dari kerajaan Fortriu di utara Mounth, dan "wilayah Pict selatan" di selatan Forth. Sejarawan Anglo-Saxon abad ke 8, Beda menunjukkan bahwa Pict telah ditaklukkan selama pemerintahan Oswald, dan bahwa situasi ini berlanjut selama pemerintahan penggantinya, Oswiu[3].

Ecgfrith menggantikan Oswiu sebagai raja Northumbria pada tahun 670. Kerajaannya dikatakan "lemah" pada saat ia naik takhta. Pada tahun 671, Ecgfrith mendengar bahwa Pict yang dipimpin oleh raja Fortriu, Drest mac Domnal, sedang mempersiapkan pemberontakan untuk menyingkirkan kekuasaan Northumbria[4].

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Catatan dan deskripsi pertempuran sepenuhnya terbatas pada catatan oleh Stephen dalam Vita Sancti Wilfrithi. Menurut catatan ini, Ecgfrith yang menyadari rencana Pict untuk menyingkirkan suzeranitas Northumbria, dengan cepat mempersiapkan pasukan kavaleri untuk menyerang. Dia menuju utara, dibantu oleh sub-rajanya Beornhæth[5], yang menurut sejarawan James E. Fraser mungkin telah memerintah kerajaan Pikt selatan Niuduera, yang terletak di Fife saat ini[6].

Lokasi pertempuran belum diketahui, tetapi Fraser menduga bahwa pertempuran itu mungkin terjadi di sekitar pulau Moncreiffe, dekat Perth[7].

Seperti yang tercatat dalam Vita Sancti Wilfrithi, kavaleri Ecgfrith disergap oleh pasukan Pict yang jauh lebih besar. Meskipun demikian, Northumbria menang, menimbulkan cukup banyak korban dari Pict untuk 'mengisi dua sungai', dan memungkinkan kavaleri Anglo-Saxon untuk mengejar yang selamat tanpa membuat kaki mereka basah.

Sebagai karya hagiografi, Vita Sancti Wilfrithi bukanlah sumber sejarah yang ideal dan telah dikemukakan bahwa perlakuan parsialnya terhadap kemenangan Northumbria menjadi inspirasi bagi Historia Ecclesiastica Gentis Anglorum karya Beda Venerabilis[8]. Berbagai detail dalam catatan Stefanus sepertinya dilebih-lebihkan, melebih-lebihkan cakupan kemenangan Ecgfrith[9].

Konsekuensi[sunting | sunting sumber]

Stephen menyatakan bahwa setelah pertempuran, Pict menjadi budak dan menjadi sasaran penangkaran selama empat belas tahun ke depan[10]. Tawarikh Irlandia, Ulster, dan Tigernach mencatat 'Drest' tertentu diusir dari takhta pada tahun 671[11]. Biasanya diasumsikan bahwa raja Pict, Drest mac Domnal, yang dipecat dan digantikan oleh Bridei mac Bili sebagai akibat langsung dari kegagalan pemberontakan[12]. Bridei kemudian mengalahkan dan membunuh Ecgfrith dalam Pertempuran Dun Nechtain pada tahun 685.[13]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Annals of Tigernach T640.1; Annals of Ulster U638.1
  2. ^ Jackson 1959, hlm. 35–42; Smyth 1984, hlm. 31; Fraser 2009, hlm. 171
  3. ^ Bede III: XXIV Oswiu "subdued the greater part of the Picts to the dominion of the English" in 658.
  4. ^ Fraser 2009, hlm. 201–202; Colgrave 1927, hlm. 41: "For in his early years, while the kingdom was still weak, the bestial tribes of the Picts had a fierce contempt for subjugation to the Saxon and threatened to throw off from themselves the yoke of slavery; they gathered together innumberable tribes from every nook and corner in the north, and as a swarm of ants in the summer sweeping from their hills heap up a mound to protect their tottering house." Stephen does not provide a date for the rebellion, but it can be inferred from the Irish Annals: Annals of Ulster U672.6; Annals of Tigernach T672.5
  5. ^ Colgrave (1927) pp41-43: When King Ecgfrith heard this, lowly as he was among his own people and magnanimous towards his enemies, he forthwith got together a troop of horsemen, for he was no lover of belated operations; and trusting in God like Judas Maccabaeus and assisted by the brave sub-king, Beornhaeth, he attacked with his little band of God's people an enemy host which was vast and moreover concealed.
  6. ^ Fraser (2009) pp 200-201
  7. ^ Fraser (2006) p59
  8. ^ Fraser (2009) pp266-267
  9. ^ Fraser (2006) p76
  10. ^ Colgrave 1927, hlm. 43: [T]he tribes were reduced to slavery and remained under the yoke of captivity until the time when the king was slain.
  11. ^ Annals of Ulster U672.6; Annals of Tigernach T672.5
  12. ^ Cummins 2009, hlm. 106; Fraser 2009, hlm. 201–202
  13. ^ See, for example: Fraser 2006; Woolf 2006

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]