Pertempuran Afek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertempuran Afek
Weltchronik Fulda Aa88 209r detail.jpg
Ilustrasi oleh Rudolf von Ems' Weltchronik
LokasiAfek
Hasil Kemenangan telak Filistin
Tabut Perjanjian dirampas
Pihak terlibat
Tentara Israel Filistin
Tokoh dan pemimpin
? Akhis?
Kekuatan
34.000 tentara
2700 pemanah
28.000 tentara
560 pemanah
Korban
5.600 tentara Israel
Dua imam
7.900 tentara Filistin

Pertempuran Afek adalah suatu episode yang dicatat dalam 1 Samuel 4:1-10 pada Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Dalam pertempuran ini orang Filistin mengalahkan tentara Israel dan merebut Tabut Perjanjian. Di antara para sarjana Alkitab, sejarah dari peristiwa-peristiwa awal dalam Kitab Samuel masih diperdebatkan, dengan beberapa orang condong menganggap berbagai itu peristiwa sebagai sejarah, sedangkan beberapa lainnya condong ke arah bukan sejarah.[1] (Lihat juga Alkitab minimalisme dan Alkitab maximalisme.)

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Dalam Kitab 1 Samuel pasal 4 dicatat bahwa orang-orang Filistin berkemah di Afek, dan orang-orang Israel di Eben-Ezer. Orang Filistin mengalahkan Israel selama pertempuran pertama, menewaskan 4.000 orang Israel. Israel kemudian membawa Tabut Perjanjian dari Silo, berpikir bahwa ini "mereka harus memiliki kehadiran Allah bersama mereka, dan jadi sukses", [2] tetapi orang-orang Filistin mengalahkan Israel, kali ini menewaskan 30.000 dan merebut Tabut Perjanjian.

Kitab Samuel mencatat bahwa dua anak laki-laki dari hakim Eli, Hofni dan Pinehas, tewas hari itu, serta Eli. "Dan terjadilah, ketika [utusan] menyebutkan dari tabut Allah, yang [Eli] jatuh dari tempat duduknya mundur oleh sisi pintu gerbang, dan lehernya patah, dan ia mati, karena ia adalah seorang pria tua, dan berat. Dan ia menghakimi orang Israel selama empat puluh tahun." (1 Samuel 4:18)

Identifikasi lokasi[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan sarjana setuju bahwa ada lebih dari satu Afek. C. R. Conder mengidentifikasi Afek dekat Eben-Ezer [3] dengan reruntuhan (Khirbet) sekitar 3,7 mil (6 km) jauhnya dari Dayr Aban (diyakini sebagai Eben-Ezer [4]), dan dikenal dengan nama Marj al-Fikiya; nama al-Fikiya diduga adalah korupsi nama "Afek" dalam bahasa Arab.[5] Eusebius, ketika menulis tentang Eben-ezer di Onomasticon, mengatakan bahwa "tempat dari mana orang-orang bukan-Israel merebut Tabut, berada di antara Yerusalem dan Ascalon (Ashkelon), dekat desa Bethsamys (Beit Shemesh),"[6] lokasi yang sesuai dengan identifikasi Conder.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schley, D. G. (1993). Graham, M. Patrick; Brown, William P.; Kuan, Jeffrey K., ed. History and Interpretation: Essays in Honour of John H. Hayes. Sheffield, England: JSOT Press. hlm. 91-92. ISBN 1-85075-466-7. 
  2. ^ Gill, J., Gill's Exposition of the Entire Bible on 1 Samuel 4, accessed 22 April 2017
  3. ^ The account in 1 Samuel 4:1 of the battle at Aphek and Eben-ezer
  4. ^ C.R. Conder, Notes from the Memoir, Palestine Exploration Quarterly, vol. 18, London 1876, p. 149; Conder & Kitchener, The Survey of Western Palestine, vol. iii (Judaea), London 1883, p. 24
  5. ^ North, Robert (1960). "Ap(h)eq(a) and 'Azeqa". Biblica. 41 (1): 61–63. JSTOR 42637769. (Perlu mendaftar (help)). 
  6. ^ Eusebius Werke, Erich Klostermann (ed.), Leipzig 1904, p. 33,24.