Pertahanan Iwardo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pertahanan Iwardo
Bagian dari Genosida Asyur
TanggalJuli 1915[1]
LokasiIwardo, Tur Abdin (sekarang Gülgöze, Mardin)
Hasil Kemenangan Asyur, tentara Kurdi & Utsmaniyah menyerah dan meninggalkan Asyur dari Tur Abdin
Pihak terlibat
Penduduk desa dan pengungsi Asyur

Kesultanan Utsmaniyah Kesultanan Utsmaniyah

Tokoh dan pemimpin
Gallo Shabo Ahmed Agha
Salem Agha
Kekuatan
Antara 6.000 hingga 7.000 penduduk desa dan pengungsi 13,000 tentara
Korban
Setidaknya 1.000 orang tewas dari kedua belah pihak

Pertahanan Iwardo (bahasa Suryani: ܥܝܢ ܘܪܕܐ- Iwardo atau Dalam wardo, Ayin Warda, Ain Wardo) adalah sebuah pertempuran militer antara otoritas Utsmaniyah dan pembela Asyur yang dipimpin oleh Gallo Shabo pada tahun 1915, selama genosida Asyur.[2][3] Kantong-kantong perlawanan selama genosida Asyur dinamai "Pemberontakan Midyat" berdasarkan nama Midyat, kota Asiria terbesar di Tur Abdin oleh otoritas Utsmaniyah.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sebelum dimulainya Perang Dunia I, desa Gülgöze memiliki sekitar 200 keluarga, semuanya adalah etnis Asyur yang tergabung dalam Gereja Ortodoks Syria. Selama genosida Asyur, ribuan pengungsi dari seluruh Tur Abdin tiba di sana untuk menyelamatkan diri. Pengungsi tiba dari desa-desa diantaranya Habasnos, Midyat, Bote, Keferze, Kafro Eloyto, Mzizah dan Urnas. Bahkan pengungsi dari luar Tur Abdin pun berdatangan, yang berasal dari desa-desa seperti Deqlath, Bscheriye, Gozarto, Hesno d Kifo dan Mifarqin. Antara 6000 dan 7000 orang Asyur berkumpul di desa ini.[4]

Begitu berada di dalam tembok Ayn-Wardo, para pengungsi diberi air dan makanan, dan kemudian ditugaskan untuk tugas pertahanan. Penduduk desa telah dipersiapkan dengan baik karena mereka telah menyadari ketika Perang Dunia Pertama dimulai bahwa cepat atau lambat akan menjadi ancaman bagi mereka. Mereka telah memperkuat tembok di sekitar desa dan mempersenjatai diri untuk perang.[4]

Pertahanan dan pertempuran[sunting | sunting sumber]

Sadar bahwa Turki dan Kurdi akan datang ke Gülgöze, penduduk desa dan pengungsi membentuk milisi untuk mempertahankan diri, yang dipimpin oleh Gallo Shabo.[5][6] Perlawanan mereka berlangsung selama 52-60 hari[5][6][7] dan berakhir dengan kemenangan.[5][6]

Pada saat yang sama, kepemimpinan Kurdi di Midyat diberi perintah untuk menyerang Gülgöze dan Arnas. Namun, Aziz Agha, pemimpin wilayah Midyat, mengatakan kepada pemerintah bahwa mereka tidak memiliki cukup tentara untuk menyerang kedua wilayah tersebut, dan karena itu mereka hanya akan menyerang Gulgoze, dan kemudian pergi ke Arnas nanti. Oleh karena itu, Kurdi Tur Abdin dan Ramman, di bawah kepemimpinan Ahmed Agha dan Salem Agha, mengumpulkan kekuatan 13.000 orang di Mardin. Pemerintah mengizinkan distribusi senjata. Mereka menuju Gülgöze, tiba larut malam, untuk memulai pengepungan.

Setelah berjam-jam baku tembak, Asyur mengalahkan Kurdi dan mengusir mereka, tetapi ada banyak korban di kedua sisi. Setelah 10 hari, Kurdi menyerang lagi hanya untuk dikalahkan lagi, karena mereka kehilangan lebih dari 300 orang. Sebelum dimulainya upaya ketiga, para pemimpin Kurdi meminta bantuan dari walikota Diyarbakr (Raschid) dan Mardin (Badri). Namun, upaya ketiga juga gagal dan setelah 30 hari pertempuran, Aziz Agha menyarankan perjanjian damai antara kedua belah pihak. Delegasi Asyur bertemu dengan Aziz untuk membahas perjanjian damai, tetapi menolak untuk meletakkan senjata mereka, sehingga pertempuran berlanjut. Pengepungan berlanjut selama 30 hari lagi, yang menyebabkan banyak kematian di kedua belah pihak. Pada akhirnya, tentara Kurdi mundur dan meninggalkan Asyur dari Tur Abdin. Inilah sebabnya mengapa wilayah Tur Abdin adalah satu-satunya wilayah Kristen utama yang tersisa di Turki di luar Istanbul. Jumlah korban tewas dari pengepungan 60 hari itu tidak diketahui, tetapi setidaknya 1.000 orang tewas.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Björkman, Anders Q. (23 April 2015). "Se bilder från platserna där dramat utspelade sig | SVD". Svenska Dagbladet. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-17. 
  2. ^ https://mirrorspectator.com/2018/11/08/prof-hannibal-travis-speaks-on-the-assyrian-armenian-greek-and-yezidi-genocides/ In 1915, explained Travis, Assyrians made resistance stands, such as in Ayn-Wardo (in today’s southeastern Turkey), against Turkish troops and Kurdish brigands — similar to that period’s Armenian defense stands in Van and at Musa Dagh
  3. ^ https://site-media.bilda-cdn.nu/app/uploads/2018/10/11155249/in-times-of-genocide_webben.pdf Kota utama Midyat di Asyur telah jatuh setelah pertempuran selama seminggu dan satu-satunya desa lain yang masih bertahan melawan musuh adalah 'Iwardo (sekarang Gülgöze) di utara Midyat, Hah (sekarang Anıtlı) lebih jauh ke timur laut Midyat, dan Basibrin (sekarang Haberli) antara Midyat dan Azakh.
  4. ^ a b Björkman, Anders (April 23, 2015). "The reason my family exists". Svenska Dagbladet. Diakses tanggal August 18, 2020. 
  5. ^ a b c "1915: Sayfo and Resistance against Kurds and Turks in ´Ayn-Wardo in 1915, in Turabdin, northern Assyria. (West Syriac text) ~ 1915: Sayfo w Qëwomo mqabël dak kurmanj w dat tërk b Ciwardo". 
  6. ^ a b c Gaunt, David (May 2017). Let Them Not Return: Sayfo – The Genocide Against the Assyrian, Syriac, and Chaldean Christians in the Ottoman Empire (War and Genocide). hlm. 164. ISBN 9781785334993. 
  7. ^ Travis, Hannibal (2017-07-20). The Assyrian Genocide: Cultural and Political Legacies (dalam bahasa Inggris). Routledge. hlm. 187. ISBN 978-1-351-98025-8. 
  8. ^ Gaunt, David; Bet̲-Şawoce, Jan (1 January 2006). Massacres, Resistance, Protectors: Muslim-Christian Relations in Eastern Anatolia During World War I. Gorgias Press LLC. hlm. 348. ISBN 978-1-59333-301-0.