Persona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalam bahasa Latin, persona awalnya memiliki arti "topeng".

Persona atau personae, dalam penggunaan sehari-hari dari kata tersebut, adalah sebuah peran sosial atau karakter yang dimainkan oleh seorang aktor. Kata tersebut berasal dari bahasa Latin, dimana kata tersebut awalnya ditujukan kepada sebuah topeng teatrikal.[1] Kata Latin tersebut diyakini berasal dari Etruskan "phersu", dengan pengartian sama, dan kata itu sendiri berasal dari kata πρόσωπον (prosōpon) dalam bahasa Yunani. Pengartiannya pada zaman Romawi akhir diubah untuk mengindikasikan sebuah "karakter" dari sebuah penampilan teatrikal atau pengadilan hukum, saat kata tersebut dipakai untuk orang-orang berbeda yang memainkan peran yang sama, dan atribut-atribut hukum seperti hak, kuasa, dan tugas mengikuti peran tersebut. Orang-orang yang sama sebagai aktor dapat memainkan peran berbeda, masing-masing dengan atribut hukumnya sendiri, terkadang dalam penampilan pengadilan yang sama. Menurut sumber lainnya, yang juga menyatakan bahwa asal muasal istilah tersebut tak terlalu jelas, persona diyakini berkaitan dengan pengucapan bahasa Latin per-sonare, yang artinya: melalui suara, dalam hubungannya dengan topeng teatrikal yang disebutkan di atas.

Dalam konteks web sosial, para pemakai memakai persona virtual yang juga diartikan menjadi identitas maya atau internet.

Persona dalam Kajian Psikologi[sunting | sunting sumber]

Persona merupakan topik inti yang menjadi perhatian C.G. Jung

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bishop, Paul (July 30, 2007). Analytical Psychology and German Classical Aesthetics: Goethe, Schiller, and Jung, Volume 1: The Development of the Personality. Taylor & Francis. hlm. 157–158. ISBN 978-0-203-96088-2. Diakses tanggal August 27, 2013.