Persegi satuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Persegi satuan yang digambarkan dalam bidang real

Persegi satuan (Inggris: unit square) dalam matematika adalah sebuah persegi yang sisinya memiliki panjang sebesar 1 satuan. Persegi satuan kerapkali mengacu kepada sebuah persegi dalam bidang Cartesius dengan keempat titik sudutnya berada di (0, 0), (1, 0), (0, 1), dan (1, 1).

Koordinat Cartesius[sunting | sunting sumber]

Dalam sistem koordinat Cartesius dengan koordinat (x, y), persegi satuan didefinisikan sebagai sebuah persegi yang terdiri dari titik-titik dengan x dan y terletak di suatu interval satuan tertutup dari 0 sampai 1. Dalam artian, persegi satuan merupakan perkalian Cartesius I × I, dengan I menyatakan interval satuan tertutup.

Koordinat kompleks[sunting | sunting sumber]

Persegi satuan juga dapat dipandang sebagai subhimpunan dari bidang kompleks, ruang topologis yang dibentuk dengan bilangan kompleks. Keempat titik sudut tersebut, yaitu (0, 0), (1, 0), (0, 1), dan (1, 1), masing-masing terletak di bilangan kompleks 0, 1, i, dan 1 + i.

Masalah jarak rasional[sunting | sunting sumber]

Masalah yang belum terpecahkan dalam matematika:

Adakah sebuah titik di bidang yang berjarak rasional dari semua empat titik pjok persegi satuan?

Terdapat sebuah masalah yang masih belum diketahui. Masalah itu menanyakan apakah sebarang titik di bidang berjarak rasional dari semua empat titik sudut persegi satuan.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Guy, Richard K. (1991), Unsolved Problems in Number Theory, Vol. 1 (edisi ke-2nd), Springer-Verlag, hlm. 181–185 .