Pero dari Aragon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pero, Infante Aragón, (1406 – mengepung Napoli, Italia, 1438), merupakan seorang Raja Sisilia, 1424-1425 dan Adipati Noto. Dia adalah anak keenam Raja Ferrando I dari Aragon, dan Comtesse Leonor Urraca dari Alburquerque.

Kemudian raja Chuan, Pero, dan Enrique adalah kelompok pangeran yang paling bermasalah, dikenal sebagai Infantes Aragon, mengganggu, menyerang, dan bertempur di seluruh negeri sepupunya yang agak damai dan adik ipar, raja Juan II dari Kastila, mengganggu, merampok dan membawa malapetaka kepada para petani dan merupakan musuh besar Alvaro de Luna.

Kemudian, ketika raja Alifonso V dari Aragon, kakanda sulungnya, memutuskan untuk meninggalkan Aragón untuk menaklukkan kerajaan Napoli dan tinggal di sana, meninggalkan istrinya, saudari perempuan sepupunya yang banyak disiksa dan dipukuli raja Kastila, Juan II dari Kastila, untuk memiliki sekitar 17 anak haram Italia dari beberapa wanita bangsawan Italia yang tidak pernah kembali ke Spanyol, saudara-saudaranya juga ikut dengannya, sekitar tahun 1432, haus untuk petualangan Neapolitan, termasuk pertempuran laut yang menghancurkan dari Ponza tetapi juga penaklukan Gaeta. Kedua pangeran Aragon ("infant" dalam bahasa Spanyol): Pero, Adipati Noto di Italia tewas dalam pertempuran, berusia 32 tahun, di Italia, ketika menyerang Napoli, dan Enrique meninggal di Spanyol, juga dalam pertempuran, berusia 45 tahun, masing-masing.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]