Pernikahan sejenis pertama di Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Marcela dan Elisa setelah menikah.

Pernikahan sejenis pertama di Spanyol berlangsung setelah era Kekaisaran Romawi pada 8 Juni 1901.[1]

Dua wanita, Marcela Gracia Ibeas dan Elisa Sanchez Loriga, berupaya untuk menikah di A Coruña (Galicia, Spanyol).[2] Pada arsipnya, Elisa memakai identitas laki-laki: Mario Sánchez, untuk mendaftarkan sertifikat pernikahan tersebut.[2] Pernikahan tersebut adalah upaya pertama pernikahan sejenis di Spanyol yang pernah tercatat.[1] Pernikahan tersebut dilangsungkan oleh Gereja, dalam gereja St. Jorge di kota yang sama.[2][3]

Pernikahan tersebut terjadi lebih dari 100 tahun sebelum hukum di Spanyol membolehkan penyuka sesama jenis untuk menikah. Keduanya bekerja sebagai guru pada waktu itu.[2]

Peristiwa ini dianggap sebagai pendahulu dari pernikahan sejenis di Spanyol. Berita pernikahan mereka tersebar ke seluruh Spanyol sampai berbagai negara Eropa. Pasangan tersebut dipercaya telah kabur ke Argentina, dan tidak diketahui keberadaan mereka setelah itu.

Pernikahan sejenis yang terdokumentasi paling pertama pada 1061[sunting | sunting sumber]

Pernikahan sejenis antara dua pria Pedro Díaz dan Muño Vandilaz di munisipalitas Galicia, Rairiz de Veiga di Spanyol terjadi pada 16 April 1061. Mereka dinikahi oleh seorang pendeta di sebuah kapel kecil. Dokumen sejarah mengenai pernikahan di gereja tersebut ditemukan di Biara San Salvador de Celanova.[4]

Pernikahan sejenis yang sah pertama pada 2005[sunting | sunting sumber]

Meskipun upaya pernikahan sejenis pertama adalah yang dilakukan oleh Marcela and Elisa, pernikahan sejenis disahkan di Spanyol pada 2005, oleh hukum 13/2005. Pernikahan sejenis yang sah pertama di Spanyol berlangsung pada 11 Juli pada tahun tersebut, di Tres Cantos, Madrid, antara Emilio Menendez dan Carlos Baturin, yang telah hidup sebagai pasangan selama lebih dari tiga belas tahun. Pernikahan dua wanita pertama dibawah hukum terjadi 11 hari kemudian, di Barcelona.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b García Solano, Manuel (30 Juni 2002). "SON DOS MUJERES Y SE CASARON EN 1901". El Mundo (dalam bahasa Spanish). Diakses tanggal 17 June 2007. 
  2. ^ a b c d "El primer matrimonio gay en España". 20 minutos (dalam bahasa Spanish). 8 Juni 2006. Diakses tanggal 20 May 2007. 
  3. ^ Rivas, Manuel (9 Maret 2007). "Sae da sombra a poesía amatoria de Blanco Amor". El País (dalam bahasa Spanish). Diakses tanggal 17 Juni 2007. 
  4. ^ Carlos Callón. "Callón gaña o Vicente Risco de Ciencias Sociais cun ensaio sobre a homosexualidade na Idade Media" (dalam bahasa Galisia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-03-05. Diakses tanggal 1 March 2011.