Permeabilitas magnetik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perbandingan permeabilitas sederhana untuk: ferromagnet (µf), paramagnet(µp), ruang hampa(µ0) dan diamagnet (µd)

Dalam elektromagnetisme, permeabilitas adalah ukurn kemampuan sebuah material untuk menunjang terbentuknya medan magnet dalam material tersebut. Dapat juga dikatakan, derajat magnetisasi yang sebuah material dapat dalam merespon terhadap suatu medan magnet. Permeabilitas magnetik dilambangkan dengan huruf Yunani miring µ. Istilah ini pertama kali disebut bulan September 1885 oleh Oliver Heaviside. Kebalikan dari permeabilitas magnetik adalah reluktivitas magnetik.

Dalam satuan SI, permeabilitas diukur dalam henri per meter (H/m atau H·m−1), atau newtons per ampere persegi (N·A−2). Konstanta permeabilitas (µ0), atau dikenal juga dengan konstanta magnetik atau permeabilitas ruang hampa adalah ukuran besarnya hambatan yang muncul ketika membentuk medan magnet dalam ruang hampa klasik. Konstanta magnetik memiliki nilai eksak (didefinisikan)[1] adalah (µ0 = 4π × 10−7 H·m−1 ≈ 1.2566370614…×10−6 H·m−1 atau N·A−2).

Karakteristik material yang mirip adalah kepekaan magnetik (magnetic susceptibility), yang merupakan faktor berbanding lurus yang menunjukkan derajt magnetisasi sebuah material dalam merespon terhadap medan magnetik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The NIST reference on fundamental physical constants". Physics.nist.gov. Diakses tanggal 2011-11-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]