Permaisuri Min Inhyeon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Permaisuri Min Inhyeon
인현왕후 민씨
Permaisuri Raja Joseon
Periode1681 – 5 Maret 1688
PendahuluKim Inkyung
PenerusJang Bu-ok
Periode1694 – 16 September 1701 (7 tahun)
PendahuluJang Bu-ok
PenerusKim Inwon
Lahir15 Mei 1667
Yeoju, Provinsi Gyeonggi, Joseon
Wafat16 September 1701 (34 tahun)
Istana Changdeok, Korea
Pemakaman
Myeongreung, Provinsi Gyeonggi
WangsaYeoheung Min
Nama anumerta
효경숙성장순원화의열정목인현왕후
AyahMin Yoo-jung
PasanganSukjong, Raja Joseon
Permaisuri Min Inhyeon
Hangeul인현왕후
Hanja仁顯王后
Alih Aksara yang DisempurnakanInhyeon Wanghu
McCune–ReischauerInhyŏn Wanghu

Permaisuri Min Inhyeon[1] (Hangul: 인현왕후 민씨, Hanja: 仁顯王后) (1667–1701) adalah permaisuri kedua Raja Sukjong dan salah satu permaisuri yang paling dikenal pada masa Dinasti Joseon. Kisah kehidupannya banyak ditampilkan kembali ke dalam berbagai drama sejarah Korea.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Min berasal dari keluarga Yeoheung Min. Dia adalah putri kedua Min Yu-jung (민유중, 閔維重, 1630–1687) (bergelar Yeoyang buwongun (여양부원군))[2] dengan istri keduanya, seorang wanita yang berasal dari keluarga Eunjin Song (bergelar Eunseong bubuin (은성부부인)).[3]

Periode pertama[sunting | sunting sumber]

Pada usia empat belas tahun, Min menikah dengan Raja Sukjong sebagai permaisuri keduanya pada tahun 1681. Di harem istana, Permaisuri yang merupakan pendukung fraksi Noron berada di pihak yang berlawanan dengan Selir Jang Ok-jung yang merupakan pendukung fraksi Soron. Saat selir so-ui[4] Jang Ok-jung melahirkan seorang putra, Yi Yun, pada tahun 1688, hal tersebut menimbulkan sebuah tragedi berdarah yang disebut "Pembersihan Sastrawan Gisa" (기사사화, gisa sahwa).

Pada saat itu, Sukjong ingin memberikan Yi Yun (yang bergelar wonja (원자), gelar yang biasanya disandang putra sulung raja dengan permaisuri) gelar "Putra Mahkota" dan ingin mempromosikan Selir Jang dari so-ui ke hee-bin.[5] Di sisi lain, Permaisuri Inhyun sendiri diminta untuk mengadopsi Yi Yun sebagai putranya sendiri, salah satu metode yang lazim saat itu untuk menguatkan kedudukan sang anak. Tindakan ini mendapat penentangan oleh fraksi Noron yang dipimpin oleh Song Si-yeol dengan alasan bahwa Permaisuri masih berusia 21 tahun kala itu dan tindakan ini dipandang sebagai sesuatu yang tidak patut. Namun di lain pihak, keputusan Raja ini didukung oleh fraksi Soron. Permaisuri yang berada di pihak Noron sendiri menolak untuk mengadopsi putra Selir Jang menjadi putranya sendiri.

Penentangan ini berujung pada pengasingan dan hukuman mati bagi pihak penentang Raja. Song Si-yeol sendiri terbunuh dan keluarga Permaisuri dikirim ke pengasingan. Banyak pihak Noron yang juga dilepaskan jabatannya dari pemerintahan, diasingkan, atau bahkan dihukum mati. Peristiwa ini menjadikan fraksi Soron memiliki pengaruh besar di pemerintahan.[6] Min Inhyun sendiri digulingkan dari kedudukannya sebagai permaisuri dan diasingkan. Selir Jang diangkat kedudukannya dari so-ui menjadi hee-bin. Pada Mei 1688, Jang Ok-jung diangkat menjadi permaisuri.

Pemulihan dan periode kedua[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1694, Sukjong merasa menyesal dengan tindakan emosionalnya di masa lalu. Di harem istana, dia sendiri mulai menyukai Selir Choi yang merupakan pendukung Min Inhyun. Keluarga dan anggota fraksi pendukung Permaisuri Jang mulai diasingkan. Min sendiri mulai dikembalikan ke kedudukannya secara bertahap. Pertama dia dipindahkan ke paviliun kecil di Andong, kemudian ke Paviliun Murbai. Jang Ok-jung digulingkan dari kedudukannya sebagai permaisuri dan dikembalikan ke kedudukannya sebagai hee-bin dan Min Inhyeon diangkat kembali sebagai permaisuri pada tahun 1694.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1701, Min jatuh sakit dan meninggal karena suatu penyakit yang tidak diketahui. Beberapa sumber menyatakan bahwa ia diracun. Konon, ketika Sukjong berkabung atas kematian Min Inhyeon, memimpikannya mengenakan sebuah pakaian sobok yang bersimbahkan darah. Sukjong bertanya padanya alasan ia meninggal, Inhyun tidak mengatakan apa-apa, tetapi menunjuk ke arah kamar Hee-bin Jang. Sukjong terbangun dari tidurnya, dan kemudian pergi ke kamar Jang. Ketika hampir tiba, Sang Raja mendengar suara musik dan tawa. Menguping, ia melihat Jang Ok-jung dengan seorang dukun wanita di dalam kamarnya, berdoa untuk kematian Permaisuri dan menusuk sebuah boneka dengan jarum-jarum. Setelah hal ini dipergoki oleh Sukjong, Ok-jung dihukum mati menggunakan racun.

Salah satu dayang menulis sebuah buku yang disebut Inhyun Wanghu Jeon (Hangul: 인현왕후전, Hanja: 仁顯王后傳, Kisah Permaisuri Inhyun), yang masih ada sampai sekarang. Inhyun dimakamkan di Myeongreung (명릉) di Provinsi Gyeonggi dan Sukjong kemudian dimakamkan di dekatnya di area yang sama. Dia tidak memiliki keturunan dengan Sukjong.

Gelar anumerta[sunting | sunting sumber]

  • Hyogyeong Sukseong Jangsun Wonhwa Uiyeol Jeongmok Inhyeon Wanghu
  • 효경숙성장순원화의열정목인현왕후
  • 孝敬淑聖莊純元化懿烈貞穆仁顯王后

Keluarga[sunting | sunting sumber]

  • Ayahanda
    • Min Yu-jung (Hangul: (민유중), Hanja: 閔維重). Bergelar Yeoyang buwongun (여양부원군).
  • Ibunda
    • Wanita dari keluarga Eunjin Song (Hangul: 은진 송씨, Hanja: 恩津 宋氏), istri kedua Min Yu-jung. Bergelar Eunseong bubuin (은성부부인).
  • Saudara-saudara
    • Min Jin-hu (Hangul: 민진후, Hanja: 閔鎭厚) (1659–1720), kakek moyang Permaisuri Min Myeongseong
    • Min Jin-won (Hangul: 민진원, Hanja: 閔鎭遠) (1664–1736)
    • Kakak perempuan, putri sulung Min Yu-jung
    • Adik perempuan, putri ketiga Min Yu-jung

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Juga dieja Inhyun atau Inhyeon oleh beberapa literatur
  2. ^ Buwongun (부원군) adalah gelar bagi ayah permaisuri.
  3. ^ Bubuin (부부인) adalah gelar istana yang salah satunya digunakan untuk ibu permaisuri
  4. ^ Gelar untuk selir raja tingkat dua atas. Lihat pada laman Selir Kerajaan Raja Korea.
  5. ^ Bin adalah gelar untuk selir raja tingkat satu atas dan merupakan gelar tertinggi bagi selir istana. Kedudukannya tepat berada di bawah permaisuri. Lihat pada laman Selir Kerajaan Raja Korea.
  6. ^ Hulbert, Homer B. (Homer Bezaleel) (26 October 2017). "The history of Korea". Seoul, Methodist Pub. House. Diakses tanggal 26 October 2017 – via Internet Archive. 
Permaisuri Min Inhyeon
Yeoheung Min
Lahir: 15 Mei 1667 Wafat: 16 September 1701
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Kim In-gyeong
Permaisuri Raja Joseon
1681 – 5 Maret 1688
Diteruskan oleh:
Jang Bu-ok
Didahului oleh:
Jang Bu-ok
Permaisuri Raja Joseon
1694 – 16 September 1701
Diteruskan oleh:
Kim Inwon