Perkemahan Wirakarya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Perkemahan Wirakarya, Kemah Bakti, atau biasa disingkat PW adalah pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara reguler, khusus untuk PW Nas, diselenggarakan apabila dipandang perlu[1].

Perkemahan Wirakarya atau Kemah Bakti merupakan salah satu wadah kegiatan untuk mewujudkan tujuan di atas yaitu membangun dan menguatkan semangat kebangsaan serta semangat kepedulian yang menjadi komitmen kuat seluruh pemuda bersama unsure pendukungnya[2].

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Dengan prinsip 7M (mendidik, mudah, murah, manfaat, massal, mitra, media), kemah bakti tersebut bertujuan untuk memperkenalkan teknologi tepat guna yang dibutuhkan masyarakat, seperti misalnya penyulingan air sederhana[2].

Peserta[sunting | sunting sumber]

  1. Peserta Perkemahan Wirakarya Nasional adalah para Pramuka Penegak dan Pandega dari daerah-daerah dan mereka yang diundang[1].
  2. Peserta Perkemahan Wirakarya Daerah adalah para Penegak dan Pandega dari Daerah yang bersangkutan dan dari Daerah-daerah lain yang diundang dan yang berminat[1].
  3. Peserta Perkemahan Wirakarya Cabang adalah para Penegak dan Pandega dari Cabang yang bersangkutan dan dari Cabang-cabang lain yang diundang dan yang berminat[1].
  4. Peserta Perkemahan Wirakarya Kecamatan adalah para Penegak dan Pandega dari Kecamatan yang bersangkutan dan dari Kecamatan-kecamatan lain yang diundang dan yang berminat[1].

Tingkatan[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Perkemahan Wirakarya, Diakses 31 Desember 2013.
  2. ^ a b Manfaat dari Perkemahan Wirakarya/Kemah Bakti, Diakses 31 Desember 2013.

Perkemahan Wirakarya Nasional 2015 NTB