Periodonti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Periodonti atau periodontologi merupakan cabang dari ilmu kedokteran gigi yang mempelajari tentang struktur pendukung gigi. termasuk penyakit dan kondisi yang mempengaruhinya. Periodonti berasal dari bahasa Yunani περί atau peri  yang berarti sekitar dan ὀδούς atau odous yang berarti gigi. Jaringan pendukung yang dikenal dengan periodontium terdiri atas gingiva (gusi), tulang alveolar, sementum dan ligamentum periodontal. Dokter gigi yang mengambil spesialisasi dalam bidang ilmu periodonti dinamakan Periodontis (dokter gigi spesialis periodontologi). Periodonti merupakan cabang ilmu kedokteran gigi yang berhubungan dengan berbagai penyakit yang terjadi pada struktur pendukung dari gigi geligi. Di klinik, dokter residen dibekali dengan keterampilan agar dapat melakukan berbagai tindakan perawatan dalam menangani pasien yang menderita penyakit periodontal.

Penyakit Periodontal[sunting | sunting sumber]

Terdapat berbagai macam penyakit periodontal, namun umumnya penyakit tersebut merupakan hasil dari peleburan akumulasi biofilm plak bakteri gram negatif (seperti P. gingivalis, T forsythus dan T. denticola) pada gingiva dan gigi, digabungkan dengan mekanisme host immuno-inflammatory dan faktor resiko lain yang bisa menyebabkan kerusakan tulang dan jaringan pendukung yang ada di sekitar gigi. Bila tidak dilakukan perawatan, penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya tulang alveolar dan terlepasnya gigi, hingga saat ini, menjadi penyebab hilangnya gigi geligi pada orang dewasa.

Peri-Implantitis[sunting | sunting sumber]

Periodonti juga mencakup penempatan dan pemeliharaan implan gigi, termasuk perawatan peri-implantitis yang merupakan kehilangan tulang akibat inflamasi disekitar implan. Etiologi peri-implantitis hampir sama dengan etiologi penyakit periodontal.