Pericles Katoppo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pericles Katoppo (24 Juli 1936 – 1 Desember 2014) adalah tokoh Alkitab Indonesia. Ia lahir dari pasangan Elvianus Katoppo dan Pitong Agnes Stientje Katoppo-Roemokoij. Ia mula-mula menekuni profesi sebagai wartawan. Anak keenam dari sepuluh bersaudara ini antara lain bekerja untuk Associated Press, dan kemudian untuk Radio Australia, Australian Broadcasting Commission, kedua-duanya di biro Jakarta.

Pada bulan Mei 1966 ia berpindah profesi dan mulai bekerja di Lembaga Alkitab Indonesia. Setelah bekerja beberapa tahun lamanya di Departemen Penerjemahan LAI di Bogor, untuk memperdalam pengetahuan tentang bidang biblika, ia dikirim ke Bible College of New Zealand di Auckland, Selandia Baru. Ia lulus pada 1974, dan kembali ke Bogor untuk melanjutkan pelayanan di bidang penerjemahan Alkitab ke dalam bahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah. Kemudian ia melanjutkan studinya ke Trinity Evangelical Divinity School (kini merupakan bagian dari Trinity International University) di Deerfield, Illinois, Amerika Serikat dan lulus pada 1983.

Di Lembaga Alkitab Indonesia, tugasnya a.l. membina para penerjemah Alkitab ke dalam berbagai bahasa daerah di Indonesia, dan juga membantu mempersiapkan penerbitan berbagai buku LAI. Sejak tahun 2002 ia khusus bekerja di bidang pengadaptasian seri buku Handbook for Translators ke dalam bahasa Indonesia yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan kepada para penerjemah bahasa daerah di dalam menjalankan tugas menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa mereka.