Perempuan bijaksana dari Abel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cukil kayu karya Johann Christoph Weigel, 1695, menggambarkan peristiwa-peristiwa 2 Samuel 20. Di bagian atas gambar, perempuan tersebut melemparkan kepala Seba ke Yoab. Di bagian depan, Amasa ditampilkan wafat sesuai dengan yang dikisahkan pada paruh pertama pasal tersebut.

Perempuan bijaksana dari Abel adalah seorang tokoh tanpa nama dalam Alkitab Ibrani. Ia muncul dalam 2 Samuel 20, saat Yoab memajukan pemberontak Seba ke kota Abel-Bet-Maakha. Tinggal di Abel, wanita tersebut memergoki Yoab, yang berjanji untuk meninggalkan kota tersebut jika Seba diserahkan kepadanya. Wanita tersebut berkata kepada masyarakat kota tersebut, dan mereka memancung Seba, melempar kepalanya dari atas tembok, dimana Yoab datang.

Seperti Abigail, Susan Pigott menyatakan bahwa perempuan bijaksana tersebut "menjauhi kekerasan dan pertumpahan darah."[1]

Menurut Midrash Aggadik, perempuan bijaksana dari Abel tersebut adalah Serah bat Asyer,[2] seorang tokoh yang hidup sekitar 650 tahun sebelumnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pigott, Susan M. (2002). "Wives, Witches and Wise Women: Prophetic Heralds of Kingship in 1 and 2 Samuel". Review & Expositor. 99: 161. 
  2. ^ Rashi on 2 Samuel 20:19