Peregrine Laziosi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Peregrine Laziosi
Lippi, circoncisione, santo spirito.jpg
Lahirsekitar 1260, Forlì, Italia
Wafat1 Mei 1345
Dihormati diGereja Katolik Roma
Kanonisasi27 Desember 1726 oleh Paus Benediktus XIII
Pesta1 Mei
Pelindungpenderita kanker, AIDS, orang-orang sakit.

Peregrine Laziosi (1265-1345) adalah seorang imam yang bekerja dengan semangat tinggi.[1][2] Peregrine lahir di Forli, Italia.[2] Ia kemudian melakukan aktivitas di dalam bidang politik dan mendukung gerakan anti-Paus.[2] Pada suatu saat, Peregrine berdebat dengan seorang imam yang merupakan wakil Paus yang bernama Philip Benizi.[1][2] Kemarahan menguasai dirinya sehingga Peregrine memukul wajah Philip.[1] Philip ternyata tidak balas memukul dan malah memberikan pipi yang satunya, seperti apa yang ditulis di dalam Alkitab.[1] Hal ini mengesankan Peregrine sehingga ia mengubah hidupnya dan berjanji untuk mengubah sifatnya yang pemarah.[1] Pada tahun 1292, ia bergabung menjadi imam di Siena dan terkenal karena melakukan pekerjaannya dengan tekun.[2][1] Di sana, ia terkenal karena kesucian hidupnya dan khotbah yang dibawakannya.[1] Selain itu, ia juga sering membantu orang yang sedang dalam kesulitan.[1] Ia meninggal tanggal 1 Mei dalam usia 80 tahun.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Indonesia)Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 107.
  2. ^ a b c d e f (Inggris)David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 397.