Peregrine Laziosi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santo Peregrine Laziosi
Lahir sekitar 1260, Forlì, Italia
Wafat 1 Mei 1345
Dihormati di Gereja Katolik Roma
Dikanonisasikan 27 Desember 1726 oleh Paus Benediktus XIII
Hari peringatan 1 Mei
Pelindung penderita kanker, AIDS, orang-orang sakit.

Peregrine Laziosi (1265-1345) adalah seorang imam yang bekerja dengan semangat tinggi.[1][2] Peregrine lahir di Forli, Italia.[2] Ia kemudian melakukan aktivitas di dalam bidang politik dan mendukung gerakan anti-Paus.[2] Pada suatu saat, Peregrine berdebat dengan seorang imam yang merupakan wakil Paus yang bernama Philip Benizi.[1][2] Kemarahan menguasai dirinya sehingga Peregrine memukul wajah Philip.[1] Philip ternyata tidak balas memukul dan malah memberikan pipi yang satunya, seperti apa yang ditulis di dalam Alkitab.[1] Hal ini mengesankan Peregrine sehingga ia mengubah hidupnya dan berjanji untuk mengubah sifatnya yang pemarah.[1] Pada tahun 1292, ia bergabung menjadi imam di Siena dan terkenal karena melakukan pekerjaannya dengan tekun.[2][1] Di sana, ia terkenal karena kesucian hidupnya dan khotbah yang dibawakannya.[1] Selain itu, ia juga sering membantu orang yang sedang dalam kesulitan.[1] Ia meninggal tanggal 1 Mei dalam usia 80 tahun.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h (Indonesia)Bernadette McCarver Snyder. 2001. 115 Kisah Santo-Santa yang Mengasyikkan. Yogyakarta: Kanisius. Hal. 107.
  2. ^ a b c d e f (Inggris)David Farmer. 1997. The Oxford Dictionary of Saints . New York: Oxford University Press. P. 397.