Percil gadjahmada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Percil gadjahmada
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
M. gadjahmadai
Nama binomial
Microhyla gadjahmadai

Percil gadjahmada (Microhyla gadjahmadai) adalah spesies katak dari genus Microhyla yang dilaporkan secara resmi pada tahun 2018. Meskipun telah tercatat ditemukan pada tahun 2010 di Lampung dan Bengkulu, namun katak ini baru sepenuhnya diidentifikasi pada tahun 2018. LIPI, sebagai lembaga yang berkepentingan, mengidentifikasinya sebagai spesies baru yang ditemukan di Sumatra. Jumlah katak asli Indonesia semula 407 spesies, dan bertambah kembali dengan temuan spesies ini. Nama epitet gadjahmada yang dibubuhkan kepada nama spesies ini merupakan penghormatan kepada Mahapatih Gajah Mada yang dianggap menyatukan Nusantara.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Atmaja, Vestidihia Y.; Hamidy, Amir; Arisuryanti, Tuty; Matsui, Masafumi; Smith, Eric N. (2018). "A new species of Microhyla (Anura: Microhylidae) from Sumatra, Indonesia". Treubia. Bogor: LIPI. 45: 25 – 46. ISSN 2337-876X. 
  2. ^ Putri, Gloria Setyvani (28 Februari 2019). Gloria Sevtyani Putri, Gloria Setyvani, ed. "LIPI Umumkan Katak Jenis Baru Asli Indonesia, Endemik di Sumatra". Kompas.com. Diakses tanggal 3 April 2019.