Microhylidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Microhylidae
Rentang fosil: 24–0 Jtl
Awal Miocene sampai [1]
Gastrophryne carolinensis.jpg
Katak Mulut Sempit Timur(Gastrophryne carolinensis)
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Amphibia
Ordo: Anura
Subordo: Neobatrachia
Famili: Microhylidae
Günther, 1858
Subfamilies

Asterophryinae
Brevicipitinae
Cophylinae
Dyscophinae
Genyophryninae
Melanobatrachinae
Microhylinae
Phrynomerinae
Scaphiophryninae

Microhylidae map-1-.png
Distribusi Microhylidae (warna hitam)

Microhylidae adalah famili katak yang secara geografis menyebar luas. Terdapat 495 spesies dalam 68 genus dan 9 sub-famili, yang merupakan genus terbesar dari keluarga katak.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Microhylidae merupakan jenis katak kecil. Banyak spesies yang memiliki ukuran lebih kecil dari 1,5 sentimeter, meski ada juga spesies yang lebih besar dari 9 sentimeter.[1] Mereka bisa tinggal di atas pohon, di tanah, bahkan beberapa ada yang tinggal di dekat air. Spesies yang tinggal di tanah sering ditemukan di bawah tumpukan daun kering di dalam hutan, dan keluar untuk berburu di malam hari. Dilihat dari bentuk tubuh, ada dua tipe microhylids, yakni jenis dengan tubuh lebar dan mulut sempit, dan jenis lain dengan bentuk tubuh seperti katak pada umumnya. Microhylidae dengan mulut sempit biasanya akan memakan rayap dan semut, sedangkan jenis yang lainnya akan memakan seperti layaknya jenis katak yang lain. Spesies dari genus Breviceps tinggal di dalam tanah dan ditemukan di daerah kering Afrika. Bahkan beberapa spesies meletakkan telurnya di bawah tanah.

Reproduction[sunting | sunting sumber]

The microhylids Pulau Papua dan Australia tidak melalui tahap menjadi berudu. Dari telur langsung menetas menjadi katak. Untuk itu spesies arboreal dapat meletakkan telurnya di pohon, sehingga tidak perlu turun ke tanah. Spesies lain yang harus melalui tahap berudu biasanya tidak memiliki gigi atau tanduk seperti layaknya berudu yang tergolong familia yang lain.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Zweifel, Robert G. (1998). Cogger, H.G. & Zweifel, R.G., ed. Encyclopedia of Reptiles and Amphibians. San Diego: Academic Press. hlmn. 102–103. ISBN 0-12-178560-2. 
  2. ^ Blackburn, D.C.; Wake, D.B. (2011). "Class Amphibia Gray, 1825. In: Zhang, Z.-Q. (Ed.) Animal biodiversity: An outline of higher-level classification and survey of taxonomic richness" (PDF). Zootaxa. 3148: 39–55. 
  • Cogger, H.G. (2004). Encyclopedia of Reptiles & Amphibians Second Edition. Fog City Press. ISBN 1-877019-69-0.  Unknown parameter |coauthors= ignored (|author= suggested) (help)
  • Zug, George R. (2001). Herpetology:An Introductory Biology of Amphibians and Reptiles 2nd Edition. Academic Press. ISBN 0-12-782622-X.  Unknown parameter |coauthors= ignored (|author= suggested) (help)