Lompat ke isi

Perayauan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMS selamat datang ke pelanggan Proximus (Belgia) yang telah merayau T-Mobile (sekarang EE) di Inggris

Perayauan adalah istilah telekomunikasi nirkabel yang biasanya digunakan dengan perangkat seluler, seperti telepon ginerak . Ini mengacu pada telepon ginerak yang digunakan di luar jangkauan jaringan aslinya dan terhubung ke jaringan seluler lain yang tersedia.

Definisi teknis

[sunting | sunting sumber]

Dalam istilah yang lebih teknis, perayauan mengacu pada kemampuan pelanggan seluler untuk secara otomatis melakukan dan menerima panggilan suara, mengirim dan menerima data, atau mengakses layanan lain, termasuk layanan data rumah, ketika bepergian ke luar area cakupan geografis jaringan rumah, dengan cara sarana menggunakan jaringan yang dikunjungi . Misalnya: jika pelanggan melakukan perjalanan di luar jangkauan pemancar perusahaan telepon selulernya, telepon selulernya akan secara otomatis berpindah ke layanan perusahaan telepon lain, jika tersedia.

Proses ini didukung oleh proses Telekomunikasi pengelolaan mobilitas, otentikasi, otorisasi dan prosedur penagihan akuntansi (dikenal sebagai AAA atau 'triple A').

Perayauan secara umum

[sunting | sunting sumber]

Perayauan dibagi menjadi "perayauan berbasis SIM" dan "perayauan berbasis nama pengguna/kata sandi", dimana istilah teknis "perayauan" juga mencakup perayauan antar jaringan dengan standar jaringan yang berbeda, misalnya WLAN (Wireless Local Area Network) atau GSM (Sistem Global untuk Komunikasi Seluler) . Perlengkapan dan fungsionalitas perangkat, seperti kemampuan kartu SIM, antena dan antarmuka jaringan, serta manajemen daya, menentukan kemungkinan akses. [1]

Dengan menggunakan contoh perayauan WLAN/GSM, skenario berikut dapat dibedakan (lihat Dokumen Referensi Permanen Asosiasi GSM AA.39 [2] ):

  • Berbasis SIM : Pelanggan GSM menjelajah ke WLAN publik yang dioperasikan oleh:
    • operator GSM mereka, atau
    • operator lain yang memiliki perjanjian perayauan dengan operator GSM-nya.
  • Perayauan berbasis nama pengguna/kata sandi: Pelanggan GSM merayau ke WLAN publik yang dioperasikan oleh:
    • operator GSM mereka, atau
    • operator lain yang memiliki perjanjian perayauan dengan operator GSM-nya.

Meskipun skenario pengguna/jaringan ini fokus pada perayauan dari jaringan operator jaringan GSM, namun yang jelas perayauan dapat bersifat dua arah, yaitu dari operator WLAN publik ke jaringan GSM. Perayauan tradisional dalam jaringan dengan standar yang sama, misalnya dari WLAN ke WLAN atau jaringan GSM ke jaringan GSM, telah dijelaskan di atas dan juga ditentukan oleh asingnya jaringan berdasarkan jenis entri pelanggan di negara asal. daftar pelanggan.

Dalam hal kesinambungan sesi, akses tanpa batas ke layanan ini di berbagai jenis akses disediakan.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ IEEE (2002). "QoS classification for mobile networks: International roaming case study". 5th IEEE International Conference on High Speed Networks and Multimedia Communications, HSNMC 2002 : July 3 - 5, 2002, Jeju Island, Korea. Piscataway, NJ: IEEE Operations Center. hlm. 356–360. doi:10.1109/HSNMC.2002.1032607. ISBN 978-0-7803-7600-7. 
  2. ^ "Steering of Roaming Implementation Guidelines" (PDF). GSM Association. 24 November 2022.