Perang Sonderbund

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perang Sonderbund
Sonderbund War Map English.png
  Konfederat
  Sonderbund
  Netral
Tanggal 3–29 November 1847
Lokasi Swiss
Hasil Kemenangan Konfederat
Pembubaran Sonderbund
Konstitusi Federal 1848
Pihak yang terlibat
Konfederasi Swiss Sonderbund
(kanton UR, SZ, NW, OW, LU, ZG, FR dan VS)
Komandan
Henri Dufour Johann-Ulrich von Salis-Soglio
Kekuatan
99.000 79.000
Korban
60 tewas
386 terluka
26 tewas
114 terluka

Perang Sonderbund (bahasa Jerman: Sonderbundskrieg) November 1847 adalah perang saudara di Swiss. Perang ini meletus setelah kanton-kanton Katolik membentuk Sonderbund ("aliansi terpisah") pada tahun 1845 untuk melindungi kepentingan mereka dari sentralisasi kekuasaan. Perang ini mengakhiri periode restorasi dan regenerasi di Swiss, serta memulai periode federal.

Sonderbund terdiri dari kanton Luzern, Fribourg, Valais, Uri, Schwyz, Unterwalden, dan Zug, yang beragama Katolik dan diperintah oleh pemerintahan yang konservatif. Kanton Ticino dan Solothurn yang juga beragama Katolik tetapi diperintah oleh pemerintahan yang liberal tidak bergabung dengan persekutuan tersebut.

Jenderal Guillaume-Henri Dufour memimpin angkatan bersenjata federal yang berjumlah 100.000 dan mengalahkan Sonderbund yang dipimpin oleh Johann-Ulrich von Salis-Soglio dalam sebuah kampanye militer yang hanya berlangsung selama beberapa hari (dari 3 hingga 29 November) dengan jumlah korban tewas yang kurang dari seratus. Guillaume-Henri Dufour memerintahkan tentaranya untuk mengurus korban yang terluka. Pertempuran meletus di Fribourg, Geltwil, Lunnern, Luzern, dan akhirnya Gisikon, Meierskappel, dan Schüpfheim, dan setelah itu Luzern menyerah pada 24 November. Kanton-kanton Sonderbund lainnya menyerah tanpa perlawanan bersenjata minggu-minggu kemudian.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]