Perang Salib Savoia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perang Salib Savoyard adalah ekspedisi Perang Salib ke Balkan pada tahun 1366–1367. Gerakan ini lahir dari perencanaan yang sama yang mengarah pada Perang Salib Aleksandria dan merupakan gagasan Paus Urbanus V. Gerakan ini dipimpin oleh Pangeran Amadeus VI dari Savoy dan ditujukan untuk melawan Kekaisaran Ottoman yang sedang berkembang di Eropa Timur. Meski dimaksudkan sebagai kerjasama dengan Kerajaan Hongaria dan Kekaisaran Bizantium, perang salib dialihkan dari tujuan utamanya untuk menyerang Kekaisaran Bulgaria Kedua. Di sana tentara salib memperoleh sedikit keuntungan yang mereka serahkan kepada Bizantium. Mereka memang merebut kembali sebagian wilayah dari Ottoman di sekitar Konstantinopel dan Gallipoli.

Memperhatikan perhatian yang lebih besar yang diberikan kepada Bulgaria dibandingkan kepada Turki, sejarawan Nicolae Iorga berpendapat bahwa "ini tidak sama dengan perang salib, ekspedisi ini lebih menyerupai sebuah petualangan." Namun, pengambilalihan Gallipoli, menurut Oskar Halecki, merupakan “keberhasilan pertama yang diraih umat Kristen dalam perjuangan mereka mempertahankan Eropa, dan sekaligus merupakan kemenangan besar umat Kristen yang terakhir atas bangsa Turki sepanjang abad keempat belas.".

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Sumpah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 31 Maret 1363, Jumat Agung, di Kepausan Avignon, raja Perancis dan Siprus, John II dan Peter I, mengucapkan sumpah Perang Salib untuk pergi ke Tanah Suci dan menerima tanda salib (signum crucis) dari Paus Urbanus V untuk menjahit pakaian mereka sebagai tanda sumpah mereka. Ini adalah awal dari perang salib Savoyard, meskipun Yohanes II tidak akan pernah memenuhi sumpahnya secara pribadi dan Peter I pada akhirnya tidak bekerja sama dengan Pangeran Savoy dalam usaha tersebut. Yang terakhir ini tidak mengucapkan sumpah perang salibnya, juga sebelum Urbanus V, sampai mungkin pada tanggal 19 Januari 1364, ketika sebuah dewan raja regional diadakan di Avignon untuk membentuk liga (colligatio) melawan perusahaan-perusahaan bebas yang melakukan perampokan. Ini tentu saja merupakan peristiwa ketika Paus menganugerahkan kepada Amadeus Mawar Emas, dan bangsawan tersebut mendirikan Ordo Kerah yang bersifat kesatria untuk menggantikan Ordo Angsa Hitam yang sebelumnya, dan mungkin sudah tidak ada lagi. Anggota asli Ordo Kerah adalah pengikut setia, dan sering kali merupakan kerabat, Amadeus dan semuanya mungkin berjanji untuk menemaninya dalam perang salib. Dalam acara tersebut, kecuali dua orang yang tidak dapat berangkat karena alasan kesehatan, melakukan perjalanan ke timur. Ordo tersebut, seperti halnya Perang Salib, didedikasikan kepada Perawan Maria. Batas waktu yang ditetapkan untuk keberangkatan perang salib adalah 1 Maret 1365, meskipun Paus memperkirakan Peter dari Siprus dan Amadeus dari Savoy akan berangkat lebih awal. Batas waktunya tidak ditentukan oleh siapa pun, meskipun pada tanggal 27 Juni raja Siprus meninggalkan Venesia dalam Perang Salib Aleksandria.

Lintasan ke Timur[sunting | sunting sumber]

Savoy ke Venesia[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Januari 1366 di Le Bourget-du-Lac, Amadeus, dalam persiapan keberangkatannya, menunjuk istrinya, Bonne de Bourbon, sebagai bupati saat dia tidak ada, untuk dibantu oleh dewan yang terdiri dari tujuh orang, setidaknya dua di antaranya selalu melakukannya. menjadi saksi atas perintahnya agar efektif. Mungkin sebagai protes atas keterlambatan upaya-upaya ini, atau karena tujuan yang diusulkan, yang bukan Tanah Suci, pada tanggal 6 Januari Paus Urbanus mencabut banteng tanggal 1 April 1364, sehingga memotong sumber pendanaan utama. Meskipun Amadeus pergi ke Avignon untuk memprotes, dan tampaknya menerima restu Kepausan atas petualangannya, banteng tersebut tetap dicabut. Penghitungan terpaksa meminta subsidi umum (pajak) untuk viagio ultramarino (pelayaran ke luar negeri), tetapi subsidi ini tetap tidak dipungut hingga tahun 1368 dan biaya transportasi laut harus dipenuhi dengan pinjaman (10.000 florin) dari beberapa bank di Lyon dan penggadaian perak keluarga. Pada tanggal 8 Februari Amadeus memulai perjalanan darat ke Venesia.

Amadeus telah mencapai Rivoli pada tanggal 15 Februari, dan Pavia, tempat saudara iparnya Galeazzo II Visconti memerintah, pada pertengahan Maret. Dia kemudian berbalik dan mengunjungi Saint-Jean-de-Maurienne sebelum kembali ke Pavia pada akhir Mei, di sana untuk menjadi ayah baptis pada pembaptisan bayi laki-laki keponakannya Giangaleazzo, Giangaleazzo II. Kakak perempuannya, ibu dari Giangaleazzo yang lebih tua, Bianca, memberikan sumbangan ke peti perangnya saat ini, dan saudara iparnya memberikan pinjaman baik uang maupun laki-laki: 25.000 florin dan dua puluh lima prajurit, enam ratus brigandi (tentara bayaran) dan enam belas conestabile di bawah anak haramnya Cesare, yang harus dibayar atas biaya Galeazzo selama enam bulan pertama. Setengah dari pasukan Perang Salib di bawah pimpinan Étienne de la Baume pergi dari sana ke Genoa untuk menaiki armada yang menunggunya dan membawanya ke Venesia. Pada tanggal 1 Juni, sisa pasukan di bawah Amadeus berangkat ke Padua, di mana keluarga penguasa, Carraresi, menawarinya penggunaan istana mereka di Venesia. Pada tanggal 8 Juni Amadeus dan pasukan utama tiba di Venesia, di mana Venesia, yang diberitahu bahwa perang salib tidak ditujukan ke Tanah Suci, menawarkan lebih banyak bantuan, termasuk kapal dan pasukan jika tentara salib mau merebut Tenedos dari Genoa (yang tidak mereka inginkan). ). Keberangkatan armada tersebut terjadi sekitar 21 Juni.

Venesia ke Gallipoli[sunting | sunting sumber]

Armada tersebut berlayar menyusuri pantai Dalmatian, berhenti di Pula (Pola), Dubrovnik (Ragusa), Corfu dan akhirnya Koroni (Coron), yang berada di bawah kendali Venesia. Di sana Amadeus mengetahui bahwa Marie de Bourbon, putri Adipati Louis I dari Bourbon, yang keponakannya Bonne adalah istri Amadeus, sedang dikepung di kastilnya di Pylos (Navarino) oleh Uskup Agung Patras, Angelo Acciaioli, yang telah merebut tanahnya atas nama dari Philip dari Taranto, saudara iparnya, yang mempermasalahkan klaim Marie atas Kerajaan Achaea atas nama putranya yang masih kecil, Hugh, yang ayahnya adalah mendiang Robert dari Taranto. Pada awal tahun 1366 Marie dan Hugh telah mengumpulkan pasukan tentara bayaran dari Siprus dan Provence, dan mulai merebut kembali wilayah kerajaan yang diklaimnya. Selama negosiasi, penjaga istana Marie di Pylos, Guillaume de Talay, telah menangkap Simone del Poggio, juru sita Philip dari Taranto, dan memenjarakannya di ruang bawah tanah Pylos. Pada saat kedatangan Amadeus, serangan balasan yang dipimpin oleh uskup agung telah menyudutkan Marie dan Hugh di Pylos. Pangeran Savoy diminta untuk melakukan arbitrase. Dia memutuskan bahwa Marie harus melepaskan klaim apa pun atas Patras, dan bahwa uskup agung harus mengevakuasi pasukannya dari Achaea selatan dan meninggalkan Marie dalam kepemilikan damai atas Patras. "Gadis dalam kesusahan" diselamatkan dan "hak-hak gereja" dipertahankan, Amadeus kembali ke kapalnya.

Di Koroni, armada Venesia, yang dipimpin oleh Antelme d'Urtières, kapten dapur bangsawan, bertemu dengan pasukan Genoa untuk membentuk armada yang terdiri dari lima belas kapal di bawah komando laksamana Étienne de la Baume. Pasukan dibagi ke dalam galai-galai berdasarkan geografi: ada satu kapal untuk orang-orang Bresse (Breysse), satu kapal lagi untuk "orang-orang Faucigny" (des gens de Foucignie), satu lagi untuk kapal-kapal Savoy (Savoye) , dll. Semua kapal harus berlayar dalam jarak pandang satu sama lain dan tidak ada yang berlayar mendahului penghitungan, denda ditentukan untuk pelanggaran perintah ini. Sinyal bendera di siang hari dan lentera di malam hari digunakan untuk berkomunikasi antar kapal; sinyal serangan diberikan oleh pemain terompet di kapal penghitung. Seluruh pelayaran dikontrol secara ketat oleh Pangeran Savoy. Dari Koroni armada melanjutkan perjalanan ke Agios Georgios (San Giorgio d'Albora) dengan Hydra, lalu ke Chalcis (Negroponte), dan terakhir Evripos, perhentian terakhir sebelum mereka memasuki wilayah Turki. Di sana mereka membeli air bersih, dan dokter penghitung, Gui Albin, membeli sakuli pro stomaco, sejenis disinfektan untuk perut.

Kampanye[sunting | sunting sumber]

Gallipoli[sunting | sunting sumber]

Meskipun tentara salib mengharapkan bantuan dari Yohanes V Palaiologos, Kaisar Bizantium, Paus bergantung pada upayanya untuk membawa Gereja Ortodoks Yunani kembali bersekutu dengan Gereja Katolik Roma—dan di bawah supremasi kepausan—meskipun kekaisaran Bizantium-lah yang perang salib berusaha untuk melepaskan diri dari tekanan Turki. Tentara salib juga mengharapkan dukungan dari Louis dari Hongaria, meskipun yang diterima hanyalah dua pengawal kerajaan yang melayani Amadeus "di provinsi Bulgaria" (in partibus Burgarie). Pada musim semi tahun 1366, John V pergi ke istana Hongaria untuk menerima bantuan militer dan bersumpah atas nama dirinya dan putra-putranya untuk masuk Katolik. Pada tanggal 1 Juli Paus Urbanus telah memberikan indulgensi Perang Salib kepada Louis, tetapi pada tanggal 22 Juli sepucuk surat dari paus menangguhkan hak istimewa yang diberikan awal bulan itu selama satu tahun, menunda bantuan kepada orang-orang Yunani sampai mereka kembali ke Katolik dan meyakinkan Louis untuk tidak melakukannya. untuk membantu "skismatis", meskipun Paus tidak secara tegas melarangnya. Sekembalinya melalui Bulgaria, yang baru-baru ini diserang oleh calon sekutunya, John mendapati dirinya terjebak, dipenjara atau dikepung oleh pasukan Bulgaria, dan tidak dapat melanjutkan wilayah kekuasaannya, tempat putranya, Andronicus IV, menikah dengan Keratsa, putrinya. dari tsar Bulgaria, mempunyai tugas mengendalikan pemerintahan. Amadeus dan John V adalah sepupu pertama, ibu John, Anna, adalah saudara perempuan ayah Amadeus, Aymon.

Hilangnya Emona dan Gallipoli[sunting | sunting sumber]

Amadeus meninggalkan kota Emona di tangan anak haramnya, Antoine yang lebih tua, dengan garnisun kecil. Menurut penulis sejarah Savoy, Jehan Servion dan Jean d'Oronville Cabaret, penduduknya menipu suku Savoyard dengan tindakan kebaikan sebelum membawa mereka ke penyergapan, di mana Antoine ditangkap. Antoine seharusnya mendekam di penjara Bulgaria sampai kematiannya. Meskipun catatan ini tidak didukung oleh sumber-sumber sebelumnya, dapat dipastikan bahwa Emona telah hilang dari tangan Bulgaria dan Antoine yang lebih tua tidak muncul dalam rekening perbendaharaan ayahnya kapan pun setelah perang salib.

Gallipoli tidak kalah dengan dunia Kristen akibat tindakan Turki. Setelah tiga tahun perang saudara antara John V dan putranya, Andronicus IV, tanah tersebut diserahkan kepada mereka oleh putranya sebagai pembayaran atas dukungan mereka. Oleh karena itu, kota ini diduduki setelah sepuluh tahun pendudukan Kristen pada musim dingin tahun 1376–1377 oleh Sultan Murad I.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Cox, Eugene L. (1967). The Green Count of Savoy: Amadeus VI and Transalpine Savoy in the Fourteenth Century. Princeton: Princeton University Press.
  • Halecki, Oscar (1930). Un Empereur de Byzance à Rome. Warsaw.
  • Iorga (1896). Philippe de Mézières et la croisade au XIVe siècle. Paris.
  • Setton, Kenneth M. (1976). The Papacy and the Levant, 1204–1571. Vol. I. Philadelphia: American Philosophical Society.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Datta, Pietro. (1826). Spedizione in Oriente di Amadeo VI, Conte di Savoia. Turin: Alliana e Paravia.
  • Devlin, Mary Aquinas. (1929). "An English Knight of the Garter in the Spanish Chapel in Florence". Speculum, 4:3, 270–81.
  • Housley, Norman. (1984). "King Louis the Great of Hungary and the Crusades, 1342–82". The Slavonic and East European Review, 62:2, 192–208.
  • Muratore, Dino. (1905). "La nascita e il battesimo del primogenito di Gian Galeazzo Visconti e la politica viscontea nella primavera del 1366". Archivio Storico Lombardo, 32, 265–72.