Pepsiman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pepsiman
Publikasi
GenreAksi
KarakterPepsiman
Karakteristik teknis
PlatformPlayStation
ModePermainan video pemain tunggal
Formatcakram digital
Metode inputgamepad
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangKID
PenyuntingKID
PenerbitKID
SenimanKotaro Uchikoshi
Informasi tambahan
MobyGamespepsiman
IMDB: tt5987646
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pepsiman (Jepang: ペプシマン, Hepburn: Pepushiman) adalah sebuah permainan video aksi yang dikembangkan dan diterbitkan oleh KID untuk PlayStation pada tanggal 4 Maret 1999, di Jepang. Permainan ini didasarkan dari maskot pahlawan super Pepsi dengan nama yang sama, dan memfokuskan pemain dalam menghindari rintangan dengan berlari, menerpa, dan melompat, sementara Pepsiman secara otomatis berjalan maju sepanjang tahap permainan.

Permainan ini dibuat dengan anggaran rendah; ini meminta keputusan untuk membuat video di-antara tahapan yang menunjukkan orang Amerika meminum Pepsi, karena hal itu murah untuk diproduksi. Permainan ini juga menampilkan cutscene 3D, yang penulis visual novel masa depan Kotaro Uchikoshi menciptakan 3D model untuk permainan tersebut. Sementara penerbit di Amerika melihat ke dalam menduduki hak untuk menerbitkan permainan tersebut di Amerika Serikat, pada akhirnya itu tetap permainan eksklusif Jepang.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Pepsiman merupakan permainan aksi[1] yang terdiri dari empat tahap, masing-masing dibagi menjadi bagian yang lebih kecil,[2] dan masing-masing melibatkan pahlawan super Pepsiman menyelamatkan orang yang butuh minum, seperti orang militer di tengah-tengah gurun pasir, dengan memberikan mereka sekaleng Pepsi.[3] Tahap-tahap ini semua berdasarkan lokasi nyata, seperti San Francisco dan Tokyo subway.[2] Permainan ini dimainkan dari sudut pandang orang ketiga, dengan Pepsiman secara otomatis berjalan ke depan sepanjang tahap,[3] kadang-kadang berjalan melalui ruang tamu orang.[2] Pemain bertujuan untuk menghindari rintangan, seperti mobil, derek konstruksi, dan orang-orang,[3] serta rintangan bermerek Pepsi, termasuk truk Pepsi.[4] Pemain melakukan ini dengan menggunakan empat gerakan berbeda: berlari, menerpa, melompat, dan melompat dengan super.[2] Pemain mendapatkan poin dengan mengumpulkan kaleng Pepsi.[4]

Dalam beberapa tahap, kepala Pepsiman terjebak di dalam drum baja, yang membalikkan kontrol, dan dalam beberapa tahap, ia menggunakan papan seluncur. Sepanjang masing-masing tahap adalah sejumlah pos pemeriksaan; jika pemain dihantam oleh rintangan terlalu sering, mereka harus memulai ulang dari pos pemeriksaan terakhir. Masing-masing tahap berakhir dengan Pepsiman dikejar-kejar oleh sebuah objek,[3] termasuk kaleng Pepsi raksasa.[4] Di antara tahap, pemain ditampilkan video orang pria Amerika meminum Pepsi, memakan keripik dan pizza sambil menonton televisi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ペプシマン まとめ (PS)".
  2. ^ a b c d "Pepsiman: PlayStation's Strangest Moment?". IGN. 1999-03-09. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-11-25. Diakses tanggal 2015-11-29. 
  3. ^ a b c d e Pinsof, Allistair (2011-03-11). "It Came from Japan! Pepsiman". Destructoid. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-07. Diakses tanggal 2015-11-29. 
  4. ^ a b c Amirkhani, Justin (2013-06-02). "Pepsiman - 10 Company Branded Video Games That Didn't Suck". Complex. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-03-16. Diakses tanggal 2015-11-29.