Peplos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang disebut "Euforia Bunga", pecahan dari prasasti kuburan sekunder: dua wanita mengenakan peplos dan kekryfalos (jaring rambut), memegang bunga popi atau delima, dan mungkin sekantong kecil biji-bijian. Pualam Paros, k. 470–460 SM. Dari Farsalos, Thessalia.

Peplos (bahasa Yunani Kuno: πέπλος) adalah pakaian sepanjang badan yang ditetapkan sebagai pakaian khas wanita Yunani Kuno pada k. 500 SM. Pakaian ini adalah kain persegi panjang yang tepi atasnya dilipat sekitar setengahnya, sehingga bagian atas persegi panjang itu kini tersampir di bawah pinggang, dan bagian bawah persegi panjang itu berada di mata kaki. Salah satu sisi peplos bisa dibiarkan terbuka, atau dijepit atau dijahit menjadi satu.[1] Benda ini kemudian juga dipakai oleh bangsa Romawi berbahasa Latin, yang disebut palla.[2]

Berbeda dengan khiton ionia, yaitu sepotong kain yang dilipat dan dijahit di sepanjang sisi yang lebih panjang untuk membentuk tabung. Pakaian ini diwakili pada lukisan sisi tembikar Yunani kuno dan di metope kuil langgam Doria.

Wanita Sparta terus memakai peplos jauh di kemudian hari dibandingkan budaya Yunani lainnya. Pakaian tersebut juga lebih pendek dan dengan celah di sisinya menyebabkan orang Yunani lainnya menyebutnya fainomērídes (φαινομηρίδες), berarti "pancuran paha".

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ancient Greek Dress". Heilbronn Timeline of Art History, Metropolitan Museum of Art, 2000–2013. Retrieved 7 October 2013.
  2. ^ Radicke, Jan (2022). 3 palla – (1) precious cloak and (2) 'peplos'. Berlin: De Gruyter. doi:10.1515/9783110711554-019. ISBN 978-3-11-071155-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]