Popi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Popi merupakan tumbuhan berbunga dalam subfamili Papaveroideae dari famili Papaveraceae, terutama dari spesies dari genus Papaver. Tumbuhan ini banyak ditemukan di belahan bumi utara (wilayah subtropis) dan beberapa spesiesnya dibudidayakan sebagai tanaman hias.[1] Popi adalah tumbuhan herbal yang biasa ditanam karena bunga-bunganya yang berwarna. Daunnya jorong dengan tepi bergerigi. Bunga popi biasanya bertangkai panjang dan keluar dari ujung ranting.[2]

Salah satu spesies dari popi, Papaver somniferum, menghasilkan biji-bijian dan merupakan bahan obat-obatan candu yang berisi alkaloid kuat seperti morfin. Popi jenis ini telah digunakan sejak zaman kuno sebagai sebuah analgesik, pengobatan narkotik, dan obat-obatan rekreasional. Setelah peperangan bersenjata yang dilakukan di ladang popi di Flanders, saat Perang Dunia ke-1, popi dijadikan lambang peringatan para prajurit yag tewas pada masa perang.

Penggunaan lain[sunting | sunting sumber]

Kanada mengeluarkan mata uang seperempat khusus (koin 25 sen) dengan sebuah popi merah yang dikeluarkan pada 2004, 2008, dan 2010. Seperempat popi Kanada 2004 adalah koin perputaran berwarna pertama di dunia.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopaedia Britannica. "Poppy: description & species". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-03. 
  2. ^ Saputra, Rahmat (2018-02-13). "Mengenal sejarah opium, bunga cantik yang mematikan dan disalahgunakan". Brilio. Diakses tanggal 2021-08-03. 
  3. ^ Canadian Poppy Coins