Penobatan George VI dan Elizabeth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penobatan George VI dan Elizabeth
Raja George VI dan Ratu Elizabeth dalam jubah penobatan mereka, 1937
Tanggal12 Mei 1937; 86 tahun lalu (1937-05-12)
LokasiWestminster Abbey, London, England
Partisipan

Penobatan George VI dan istrinya, Elizabeth, sebagai raja dan ratu dari Britania Raya dan Dominion dari Persemakmuran Britania Raya, Kaisar dan Permaisuri India berlangsung di Westminster Abbey, London, pada hari Rabu, 12 Mei 1937. George VI naik takhta setelah pengunduran diri saudaranya, Edward VIII, pada tanggal 11 Desember 1936, tiga hari sebelum ulang tahunnya yang ke-41. Penobatan Edward yang ditinggalkan oleh Edward VIII telah direncanakan pada 12 Mei dan diputuskan untuk dilanjutkan dengan penobatan saudara laki-laki dan iparnya pada tanggal yang sama.

Meskipun musiknya mencakup berbagai lagu kebangsaan baru dan upacaranya mengalami beberapa perubahan untuk memasukkan Dominion, upacara ini tetap merupakan upacara yang sebagian besar konservatif dan sangat mirip dengan upacara penobatan George V pada tahun 1911. Upacara dimulai dengan perminyakan Raja, yang melambangkan masuknya secara spiritual ke dalam kerajaan, dan kemudian dimahkotai dan penobatannya, yang melambangkan pengambilalihan kekuasaan dan tanggung jawab sementara. Rekan-rekan kerajaan kemudian memberikan penghormatan kepada Raja sebelum upacara yang lebih pendek dan sederhana dilakukan untuk penobatan Ratu. Prosesi kembalinya ke Istana Buckingham memakan waktu lebih dari enam mil (9,7 km) panjangnya, membuatnya menjadi prosesi penobatan terpanjang hingga saat itu; kerumunan orang berjejer di jalan-jalan untuk menyaksikannya, lebih dari 32.000 tentara dan pelaut ikut serta, dan 20.000 polisi berjejer di sepanjang rute. Penobatan ini diperingati dengan pemberian medali resmi, mata uang dan perangko, parade militer di seluruh Kerajaan, dan berbagai perayaan tidak resmi, termasuk pesta jalanan dan produksi memorabilia.

Acara ini dirancang untuk tidak hanya menjadi pengurapan suci dan penobatan formal, tetapi juga tontonan publik, yang juga direncanakan sebagai pertunjukan Kerajaan Inggris. Bulan Mei 1937, terdapat program acara kerajaan yang berlangsung selama hampir satu bulan penuh untuk memperingati dan menandai peristiwa tersebut. Sebagai pendahuluan penobatan, para tamu dari seluruh Kerajaan dan seluruh dunia berkumpul di Istana Buckingham dan resepsi resmi diadakan untuk menyambut mereka; di antara mereka yang hadir adalah para pangeran India dan, untuk pertama kalinya, para bangsawan asli Afrika. Untuk acara itu sendiri, perdana menteri dari hampir setiap Dominion ikut serta dalam prosesi menuju biara, sementara perwakilan dari hampir setiap negara hadir. Kontingen dari sebagian besar koloni dan setiap Dominion berpartisipasi dalam prosesi kepulangan melalui jalan-jalan London.

Media memainkan peran penting dalam menyiarkan pertunjukan arak-arakan dan imperialisme Kekaisaran ini. Prosesi penobatan merupakan peristiwa penting dalam sejarah televisi, menjadi siaran luar besar pertama di negara ini, meskipun upacara di dalam biara tidak disiarkan di televisi. Ini juga merupakan penobatan pertama yang difilmkan, serta yang pertama disiarkan di radio.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Citations[sunting | sunting sumber]

Bibliography[sunting | sunting sumber]