Penjaga waktu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penjaga waktu (bahasa Inggris: timekeeper) adalah suatu alat atau seseorang yang mengukur berlalunya waktu.

Penjaga waktu sebagai pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Dalam hal pekerjaan, penjaga waktu adalah orang yang mengukur berlalunya waktu dengan bantuan alat jam atau jam sukat. Selain itu, pencatat waktu bertugas mencatat waktu, waktu yang dilaksanakan, atau waktu yang tersisa selama acara berlangsung. Fungsi penjaga waktu seperti ini dapat ditemukan misal pada pencatatan waktu suatu peristiwa terjadi pada suatu pertandingan olahraga atau pengukuran waktu yang tersisa bagi target untuk membelanjakan uang pada acara televisi Uang Kaget.

Penjaga waktu juga berfungsi sebagai pengendali waktu mata acara tertentu dalam sebuah acara besar (seperti rapat atau seminar), sehingga mata acara selanjutnya dapat berjalan tepat waktu sesuai jadwal.

Penjaga waktu sebagai alat[sunting | sunting sumber]

Penjaga waktu juga dapat diistilahkan sebagai alat untuk mencatat jam masuk dan jam keluar karyawan melalui alat time clock (diistilahkan kasar sebagai jam waktu). Hasil dari alat ini dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi pimpinan suatu kantor dalam menilai kinerja pekerjanya sendiri. Mereka kemudian dapat membuat keputusan operasional untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya tenaga kerja.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]