Pengumparan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pita perekam magnetik yang dililitkan pada kumparan mungkin berkontribusi pada asal usul istilah tersebut

Dalam komputasi, pengumparan adalah bentuk khusus tugas ganda untuk tujuan menyalin data antar perangkat yang berbeda. Dalam sistem kontemporer, [a] biasanya digunakan untuk memediasi antara aplikasi komputer dan perangkat lambat, seperti pencetak . Pengumparan memungkinkan program untuk "menyerahkan" pekerjaan yang harus dilakukan oleh periferal dan kemudian melanjutkan ke tugas lain, atau tidak memulai sampai masukan telah ditranskripsi. Sebuah program khusus, pengumpar, memelihara urutan pekerjaan yang teratur untuk periferal dan memasukkan data pada kecepatannya sendiri. Sebaliknya, untuk perangkat masukan yang lambat, seperti pembaca kartu, spooler dapat mempertahankan urutan tugas komputasi yang menunggu data, memulai setiap tugas ketika semua masukan yang relevan tersedia; lihat pemrosesan batch . Kumparan itu sendiri mengacu pada urutan pekerjaan, atau tempat penyimpanan di mana pekerjaan tersebut diadakan. Dalam banyak kasus, spooler mampu menggerakkan perangkat dengan kecepatan penuh dengan dampak minimal pada pemrosesan lainnya.

Pengumparan adalah kombinasi penyanggaan dan pengantrean.

Pengumparan cetak[sunting | sunting sumber]

Saat ini, penggunaan pengumparan yang paling umum adalah pencetakan: dokumen yang diformat untuk dicetak disimpan dalam antrian dengan kecepatan komputer, kemudian diambil dan dicetak dengan kecepatan pencetak. Beberapa proses dapat menulis dokumen ke spool tanpa menunggu, dan kemudian dapat melakukan tugas lain, sementara proses “pengumpar" mengoperasikan pencetak. [1]

Misalnya, ketika sebuah organisasi besar menyiapkan cek gaji, perhitungannya hanya memakan waktu beberapa menit atau bahkan detik, namun proses pencetakannya mungkin memakan waktu berjam-jam. Jika program penggajian mencetak cek secara langsung, program tersebut tidak dapat melanjutkan ke perhitungan lain sampai semua cek telah dicetak. Demikian pula, sebelum pengumparan ditambahkan ke sistem operasi PC, pengolah kata tidak dapat melakukan apa pun, termasuk berinteraksi dengan pengguna, saat mencetak.

Perangkat lunak pengumpar atau manajemen pencetakan sering kali menyertakan berbagai fitur terkait, seperti memungkinkan penetapan prioritas pada pekerjaan pencetakan, memberi tahu pengguna ketika dokumen mereka telah dicetak, mendistribusikan pekerjaan pencetakan ke beberapa mesin cetak, memilih kertas yang sesuai untuk setiap dokumen, dll.

Peladen cetak menerapkan teknik pengumparan untuk memungkinkan banyak komputer berbagi mesin cetak atau kelompok mesin cetak yang sama.

Halaman spanduk[sunting | sunting sumber]

Pengumpar cetak [b] dapat dikonfigurasi untuk menambahkan halaman spanduk, disebut juga halaman burst, lembar pekerjaan, atau pemisah cetak ke awal dan akhir setiap dokumen dan pekerjaan. Dokumen-dokumen ini terpisah satu sama lain, mengidentifikasi setiap dokumen (misalnya dengan judulnya ) dan seringkali juga menyatakan siapa yang mencetaknya (misalnya dengan nama pengguna atau nama pekerjaan ). Halaman spanduk sangat berharga di lingkungan kantor di mana banyak orang berbagi printer dalam jumlah kecil. Mereka juga berharga ketika satu pekerjaan dapat menghasilkan banyak dokumen. Tergantung pada konfigurasinya, halaman banner mungkin dibuat di setiap komputer klien, di server cetak terpusat, atau oleh printer itu sendiri.

Pada printer yang menggunakan formulir kontinyu lipatan kipas, halaman spanduk terdepan sering kali dicetak dua kali, sehingga satu salinan akan selalu menghadap ke atas ketika pekerjaan dipisahkan. Halaman tersebut mungkin berisi garis-garis yang dicetak di atas lipatan, yang akan terlihat di sepanjang tepi tumpukan hasil cetakan, sehingga operator dapat dengan mudah memisahkan pekerjaan. Beberapa sistem juga akan mencetak halaman banner di akhir setiap pekerjaan, meyakinkan pengguna bahwa mereka telah mengumpulkan semua hasil cetakannya.

Aplikasi lain[sunting | sunting sumber]

Pengumparan juga digunakan untuk memediasi akses ke pembaca dan pelubang kartu berlubang, penggerak pita magnetik, dan perangkat masukan/keluaran erurutan lainnya yang lambat. Hal ini memungkinkan aplikasi berjalan pada kecepatan CPU sambil mengoperasikan perangkat periferal pada kecepatan penuhnya.

Sistem pemrosesan tumpak menggunakan spooling untuk mempertahankan antrian tugas yang siap dijalankan, yang dapat dimulai segera setelah sistem memiliki sumber daya untuk memprosesnya.

Beberapa sistem pesan simpan dan teruskan, seperti uucp, menggunakan "kumparan" untuk merujuk pada antrean pesan masuk dan keluar, dan terminologi ini masih ditemukan dalam dokumentasi untuk surel dan perangkat lunak Usenet .

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perangkat periferal selalu jauh lebih lambat dibandingkan unit pemrosesan inti. Ini merupakan masalah yang sangat parah pada bingkaitama awal. Misalnya, pekerjaan yang membaca kartu berlubang atau menghasilkan keluaran cetakan secara langsung terpaksa dijalankan dengan kecepatan perangkat mekanis yang lambat. Program pengumparan pertama, seperti "SPOOL System" IBM (7070-IO-076) menyalin data dari kartu berlubang ke pita magnetik, dan dari pita kembali ke kartu berlubang dan printer. cakram keras, yang menawarkan kecepatan I/O lebih cepat dan dukungan untuk akses acak, mulai menggantikan penggunaan pita magnetik untuk pengumparan pada pertengahan tahun 1960an, dan pada tahun 1970an sebagian besar telah menggantikannya sama sekali.

Karena peralatan pencatatan unit pada mainframe IBM pada awal tahun 1960an lambat, sistem yang lebih besar biasanya menggunakan komputer offline kecil seperti IBM 1401 daripada spooling.

Istilah "kumparan" mungkin berasal dari perangkat lunak Simultaneous Peripheral Operations On-Line [2] [3] (SPOOL); [4] Namun, penurunan ini tidak pasti. Operasi periferal simultan secara online mungkin merupakan sebuah backronym . [5] </link>[ diperlukan verifikasi ] Penjelasan lain adalah bahwa ini mengacu pada "kumparan" atau gulungan pita magnetik, meskipun "kumparan" adalah penggunaan yang tidak umum.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan

  1. ^ Lundin, Leigh; Stoneman, Don (1977). The Spooler User Guide (edisi ke-2). Harrisonburg: DataCorp of Virginia. 
  2. ^ IBM 7070 SPOOL System, 7070 Data Processing System Bulletins (edisi ke-Second), IBM, J28-6047-1 
  3. ^ Donovan, John J. (1972). Systems Programming. hlm. 405. ISBN 0-07-085175-1. 
  4. ^ James L. Peterson; Abraham Silberschatz (July 1984). "1.4.3 Spooling". Operating System Concepts. Addison-Wesley. hlm. 18. ISBN 0-201-06097-3. 
  5. ^ Tanenbaum, Andrew S. Modern Operating Systems. 3rd Ed. Pearson Education, Inc., 2008. ISBN 978-0-13-600663-3