Antrean (struktur data)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam ilmu komputer, antrean adalah koleksi dari data-data yang memiliki urutan dan hanya bisa diubah dengan menambahkan data di satu ujung dan mengeluarkan data di ujung lainnya. Biasanya, ujung di mana elemen bisa ditambahkan disebut back, tail, atau rear dari antrean sementara ujung di mana elemen bisa dikeluarkan disebut head atau front dari antrean, mirip dengan kata-kata yang digunakan apabila orang-orang berbaris dalam antrean.

Operasi menambahkan elemen ke rear dari antrean biasanya disebut enqueue sementara operasi mengeluarkan elemen dari fron biasanya disebut dequeue. Operasi-operasi lain yang biasa dilakukan di antaranya adalah operasi peek atau front yang digunakan untuk melihat elemen terdepan dari antrean tanpa mengeluarkannya.

Operasi-operasi yang mendefinisikan antrean membuatnya tergolong sebagai struktur data first-in-first-out (FIFO). Karena memenuhi struktur data FIFO, elemen pertama yang dimasukkan ke antrean akan menjadi yang pertama dikeluarkan. Antrean juga merupakan contoh struktur data linear. Antrean biasa digunakan dalam program komputer, biasanya diimplementasikan menggunakan circular buffer dan senarai berantai.

Antrean biasa digunakan dalam ilmu komputer, transportasi, dan riset operasi di mana terdapat entitas-entitas seperti data, objek, orang, atau kejadian yang perlu disimpan untuk diproses kemudian. Dalam konteks tersebut, antrean melakukan pekerjaan dari buffer. Penggunaan lain dari antrean adalah dalam implementasi breadth-first search.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]