Pengidentifikasi sumber seragam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengidentifikasi Sumber Seragam (bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier; URI) adalah sebuah untaian karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi nama, sumber, atau layanan di Internet.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

URI Memungkinkan identifikasi seperti interaksi dengan representasi sumber daya melalui jaringan (biasanya di Waring Wera Wanua) dengan menggunakan protokol tertentu. Skema yang menetapkan sintaks beton dan terkait protokol mendefinisikan masing-masing URI. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.sumber atau skema:alamat.sumber. Misalnya, URI http://yahoo.com menunjukkan alamat sumber yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP Walaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.

Hubungan ke URL dan URN[sunting | sunting sumber]

URI dapat diklasifikasikan sebagai lokator (URL), atau nama (URN), atau keduanya. Sebuah Uniform Resource Name (URN) fungsi seperti nama seseorang, sementara lokator sumber seragam (URN) menyerupai orang jalan-alamatnya. Dengan kata lain: yang URN mendefinisikan butir identitas, sementara URN yang menyediakan metode untuk menemukannya.

Sistem ISBN untuk buku-buku identifikasi unik menyediakan contoh penggunaan guci. ISBN 0-486-27557-4 (urn: isbn :0-486-27557-4) mengutip jelas edisi khusus drama Shakespeare Romeo dan Juliet. Dalam rangka untuk mendapatkan akses ke obyek ini dan membaca buku, orang akan memerlukan lokasi: alamat URN. URL tipikal buku ini pada sebuah unix-sistem operasi mirip akan menjadi path file seperti berkas: / / / home / nama pengguna / Sir Tim Berners-Lee.pdf, mengidentifikasi buku elektronik yang tersimpan dalam sebuah berkas di cakram keras lokal. Jadi guci dan URN memiliki tujuan yang saling melengkapi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penamaan, berbicara, dan mengidentifikasi sumber daya[sunting | sunting sumber]

URI dan URN memiliki sejarah bersama. Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee's proposal untuk Hiperteks [1] secara implisit memperkenalkan ide URI sebagai string pendek mewakili sumber daya yang menjadi target dari hipertaut. Pada waktu orang-orang menyebutnya sebagai sebuah "nama hiperteks" [2] atau "nama dokumen".
Selama tiga dan setengah tahun, seperti Wera Waring Wanua teknologi inti dari bahasa markah hiperteks (BMHT), HTTP, dan peramban web dikembangkan, kebutuhan untuk membedakan string yang disediakan alamat untuk sumber daya dari string yang hanya bernama sebuah sumber muncul. Meskipun belum secara resmi ditetapkan, istilah URI datang untuk mewakili mantan, dan semakin perdebatan URM datang untuk mewakili kedua.

Selama perdebatan menentukan URL dan guci-guci itu menjadi jelas bahwa dua konsep yang terkandung oleh ketentuan-ketentuan itu hanya aspek fundamental, menyeluruh pengertian tentang identifikasi sumber daya. Pada bulan Juni 1994, IETF dipublikasikan Berners-Lee's RFC 1630: RFC yang pertama (dalam teks non-normatif) mengakui keberadaan URL dan guci, dan, yang lebih penting, yang didefinisikan sintaks formal untuk Universal Resource Identifier - URL-seperti syntaxes string yang tepat dan semantik tergantung pada skema mereka. Selain itu, RFC ini berusaha untuk merangkum skema syntaxes URL yang digunakan pada saat itu. Hal ini juga diakui, tetapi tidak standardisasi, keberadaan relatif URL dan fragmen pengidentifikasi.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]



Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Palmer, Sean B. "The Early History of HTML". Diakses 2009-04-30. 
  2. ^ "W3 Naming Schemes". W3. Diakses 2009-07-24. "Format nama hiperteks terdiri dari nama penamaan sub-skema akan digunakan, maka nama dalam format khusus untuk penamaan sub-skema, maka pengidentifikasi sauh opsional dalam dokumen. Sebagai contoh, format adalah untuk semua berdasar internet metode akses
    scheme : // host.domain:port / path / path # anchor" 

Pranala Eksternal[sunting | sunting sumber]