Penghujanan pengantin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Women sitting in chairs at a party, with a few gifts stacked on a table in the foreground.
Penghujanan pengantin secara tradisi melibatkan pemberian hadiah kepada calon istri.

Penghujanan pengantin, hujanan pengantin, atau raya pengantin (Inggris: bridal shower) adalah pesta pemberian hadiah yang diadakan untuk calon pengantin dalam rangka menyambut pernikahannya.

Pada mulanya, acara ini diselenggarakan untuk memberikan barang dan bantuan keuangan untuk memastikan pernikahan dapat berlangsung.

Asal kata[sunting | sunting sumber]

"Penghujanan pengantin" mungkin berasal dari kebiasaan pada abad ke-19 untuk hadiah yang akan dimasukkan ke dalam payung, yang ketika dibuka akan "menghujani" calon pengantin dengan hadiah.[1]

Tuan rumah[sunting | sunting sumber]

Siapa pun bisa menjadi tuan rumah untuk acara penghujanan pengantin. Namun, sudah menjadi kebiasaan bagi anggota keluarga pengantin untuk menjadi tuan rumah atau bersumbangsih pada acara tersebut.[2] Beberapa organisasi seperti klub sosial atau kelompok keagamaan menyelenggarakan acara penghujanan pengantin untuk setiap anggota yang akan menikah.

Kelaziman[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat dan Kanada[sunting | sunting sumber]

Meskipun banyak budaya mengadakan acara pranikah, penghujanan pengantin sangat umum dilakukan di Amerika Serikat dan Kanada.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Di Britania Raya, penghujanan pengantin telah digambarkan sebagai "ide Amerika yang konsumtif" dengan "keberterimaan terbatas".[3] Di Britania Raya, hadiah pernikahan biasanya dipilih dari daftar yang disediakan oleh pasangan pengantin dan dikirim baik di pesta pernikahan maupun oleh toko dan adakalanya dipajang di pesta pernikahan. Meskipun demikian, penghujanan pengantin adakalanya diadakan. Layanan perencanaan penghujanan pengantin kerap ditawarkan oleh perencana pernikahan.

Australia dan Selandia Baru[sunting | sunting sumber]

Di Australia dan Selandia Baru, kebiasaan yang berkaitan dengan penghujanan pengantin Amerika Utara dikenal sebagai Kitchen Tea, secara tradisi diadakan sebelum pernikahan. Selama Kitchen Tea, teman wanita dan anggota keluarga akan berkumpul di rumah keluarga pengantin wanita untuk minum petang dengan memberikan hadiah berhubungan dengan dapur kepada pengantin wanita. Baru-baru ini, pengaruh budaya Amerika telah meningkatkan penghujanan pengantin gaya Amerika dibandingkan Kitchen Tea tradisional.

India[sunting | sunting sumber]

Di India, Mehndi adalah acara prapernikahan yang berpusat pada pengantin wanita. Teman-teman wanita dan keluarga pengantin wanita berkumpul untuk mempersiapkan pengantin wanita untuk pernikahan. Dalam acara tersebut, tato inai (henna) tradisional pengantin wanita dibuat.[4]

Denmark dan Jerman[sunting | sunting sumber]

Di Denmark dan Jerman, satu-satunya acara prapernikahan yang diadakan adalah pesta lajang wanita untuk pengantin wanita dan pesta bujang untuk pengantin pria.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, khususnya dalam kebudayaan Jawa, acara pra pernikahan ini dikenal sebagai midodareni.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Montemurro, Beth (2006). "Origins of Bridal Showers and Bachelorette Parties". Something Old, Something BoldAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. Rutgers University Press. hlm. 26. ISBN 0-8135-3811-4. 
  2. ^ "Bridal Shower Etiquette 101: Everything You Need to Know". 
  3. ^ Morgan, John Jacob Brooke (2001). Debrett's new guide to etiquette & modern manners: the indispensable handbook. New York: Thomas Dunne Books/St. Martin's Press. hlm. 21. ISBN 0-312-28124-2. 
  4. ^ "All About Mehndi Ceremony!". culturalindia.net. 
  5. ^ Rohmitriasih, Mimi (2022-12-09). "Mengenal Midodareni, Rangkaian Upacara Adat dalam Pernikahan Jawa". fimela.com. Diakses tanggal 2023-01-16. 

Templat:Pernikahan Templat:Pesta