Pengakuan Iman Skotlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengakuan Iman Skotlandia
PengarangJohn Knox
NegaraSkotlandia
Bahasabahasa Inggris
GenrePengakuan iman
Tanggal terbit
1560
TeksPengakuan Iman Skotlandia di Wikisource

Pengakuan Iman Skotlandia (bahasa Inggris: Scots Confession atau Scottish Confession of Faith, Latin: Confessio Scoticana) adalah pengakuan iman yang ditulis pada tahun 1560 oleh enam pemimpin Reformasi Protestan di Skotlandia. Teks pengakuan iman adalah standar subordinat pertama untuk gereja Protestan di Skotlandia. Bersama dengan Buku Disiplin dan Buku Ketertiban Umum, ini dianggap sebagai dokumen pembentukan Gereja Skotlandia pada masa itu.[1]

Pada bulan Agustus 1560, Parlemen Skotlandia setuju untuk melakukan reformasi terhadap agama di negara tersebut. Agar mereka dapat memutuskan apa yang dimaksud dengan Iman Reformed, mereka menunjuk John Knox sebagai pengawas [2] atas John Winram, John Spottiswood, John Willock, John Douglas, dan John Row, untuk mempersiapkan Pengakuan Iman. Hal ini mereka lakukan dalam waktu empat hari. 25 Bab dari Pengakuan Iman tersebut menguraikan pernyataan kontemporer dari iman Kristen sebagaimana yang dipahami oleh para pengikut John Calvin selama masa hidupnya. Meskipun Pengakuan Iman dan dokumen-dokumen yang menyertainya merupakan hasil kerja sama dari Enam John, namun kepenulisannya biasanya dikaitkan dengan John Knox.

Meskipun Parlemen menyetujui pengakuan iman ini pada tanggal 27 Agustus 1560, [3] bertindak di luar ketentuan Perjanjian Edinburgh untuk melakukannya, Mary, Ratu Skotlandia, seorang penganut Katolik Roma, menolak untuk menyetujuinya, dan pengakuan iman tersebut tidak disetujui oleh kerajaan hingga tahun 1567, setelah Mary dilengserkan.[4] Pengakuan ini tetap menjadi pengakuan iman Gereja Skotlandia hingga digantikan oleh Pengakuan Iman Westminster pada tanggal 27 Agustus 1647. Namun, pengakuan itu sendiri dimulai dengan menyatakan bahwa Parlemen "ratifeit dan apprevit [pengakuan] sebagai doktrin yang utuh dan sehat yang didasarkan pada kebenaran yang tidak dapat salah dari firman Allah"; dengan demikian, meskipun perubahan-perubahan di dalam masyarakat mungkin telah mengurangi relevansinya, orang-orang percaya percaya bahwa otoritas pernyataan-pernyataannya tidak berakar pada persetujuan parlemen, tetapi pada, seperti yang dikatakannya, "kebenaran yang tidak dapat salah dari firman Allah".

Dalam Confession of Faith Ratification Act 1560, pengakuan iman tersebut tetap menjadi bagian dari hukum Skotlandia.[5]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]