Penelope Coelen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Penelope Anne Coelen
Pemenang kontes kecantikan
Miss World 1958 - Penelope Anne Coelen
Lahir15 April 1940
Durban
PekerjaanAktris, Model, Ratu kecantikan
GelarMiss SA 1958
Miss World 1958
Kompetisi
besar
Miss World 1958 (Pemenang)

Penelope Anne Coelen (lahir di Durban, Afrika Selatan, 15 April 1940; umur 79 tahun) adalah seorang aktris, model dan ratu kecantikan Afrika Selatan yang memenangi kontes kecantikan Miss World pada tahun 1958.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1958, kontes kecantikan Miss World masih berada pada tahun-tahun permulaan. Kontesnya yang kedelapan menjadi kontes yang sukses besar saat itu, mampu menarik 22 kontestan dari Benua Eropa, Amerika, Asia dan Afrika. Eropa mendominasi semifinal dengan 9 dari 12 tempat berasal dari benua tersebut. 5 dari 6 finalis berasal dari Eropa juga, tetapi pada akhirnya adalah seorang wanita muda yang mencuri perhatian juri dari Uni Afrika Selatan yang membawa pulang mahkota yang didambakan tersebut.

Penelope Anne Coelen, atau Penny, biasa dipanggil demikian oleh teman-temannya dan penggemar, terpilih sebagai Miss World dan menjadi pemegang gelar besar internasional pertama dari Afrika. Sekretaris berusia 18-tahun dari Durban mampu menarik perhatian penonton dengan ketenangan dan kecantikannya. Dia mendapat perhatian internasional yang luas selama menjabat sebagai Miss World dan menerima beberapa tawaran dalam dunia model yang menguntungkan. Setelah jabatan Miss World 1958 usai, ia mencoba keberuntungannya di Hollywood dengan bantuan James Garner, tetapi gagal pada tes skrining. Dia kemudian berhasil membuat produk pakaian dan produk kecantikan miliknya sendiri, terutama parfum.

Dia tampil sebagai kontestan di acara permainan televisi To Tell the Truth pada 25 November 1958.[1]

Kemudian ia kembali ke Afrika Selatan, menikah dengan petani tebu kaya, Michel Rey dari Provinsi Natal dan dia hingga hari ini menjadi salah satu sosialita terkemuka di Afrika Selatan. Dia mengelola wisma dan memiliki lima anak dan tiga cucu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Bendera Finlandia Marita Lindahl
Miss World
1958
Diteruskan oleh:
Bendera Belanda Corinne Rottschäfer