Penegasan Nietzsche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Penegasan Nietzsche (Jerman: Bejahung), juga dikenal sebagai penegasan kehidupan,[1] adalah konsep dalam filsafat Friedrich Nietzsche. Contoh dari konsep ini terdapat dalam karya Nietzsche berjudul Kehendak untuk Berkuasa, sebagai berikut:

Jika kita menegaskan satu momen tunggal, maka kita menegaskan tidak hanya diri kita melainkan segala eksistensi. Karena tidak ada yang sanggup berdiri sendiri, baik dalam diri kita maupun dalam segala hal; dan jika jiwa kita gemetar akan kebahagiaan dan terdengar seperti senar harpa sekali saja, semua keabadian diperlukan untuk menghasilkan satu peristiwa ini – dan dalam satu momen penegasan ini, semua keabadian disebut baik, ditebus, dibenarkan, dan ditegaskan.

— Nietzsche, Friedrich, Kehendak untuk Berkuasa[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bernard Reginster, The Affirmation of Life: Nietzsche on Overcoming Nihilism, Harvard University Press, 2009.
  2. ^ Bahasa Jerman: Gesetzt, wir sagen Ja zu einem einzigen Augenblick, so haben wir damit nicht nur zu uns selbst, sondern zu allem Dasein Ja gesagt. Denn es steht Nichts für sich, weder in uns selbst noch in den Dingen: und wenn nur ein einziges Mal unsre Seele wie eine Saite vor Glück gezittert und getönt hat, so waren alle Ewigkeiten nöthig, um dies Eine Geschehen zu bedingen – und alle Ewigkeit war in diesem einzigen Augenblick unseres Jasagens gutgeheißen, erlöst, gerechtfertigt und bejaht. (Wille zur Macht, Nr. 1032.)