Pencahayaan listrik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pencahayaan listrik adalah alat yang menghasilkan cahaya terlihat melalui aliran arus listrik. Pencahayaan ini merupakan bentuk paling umum dari pencahayaan buatan dan sangat penting untuk kehidupan masyarakat modern,[1] menyediakan cahaya interior untuk bangunan dan cahaya eksterior di malam hari. Untuk penggunaan teknis, komponen yang menghasilkan cahaya dari listrik disebut sebagai lampu.[2] Lampu biasanya memiliki dasar yang terdiri dari keramik, logam, kaca, atau plastik, yang mengunci lampu di dalam soketnya. Sambungan listrik ke soket dapat berupa screw-thread base, two metal pins, two metal caps atau bayonet.

Tiga kategori utama lampu listrik adalah lampu pijar, cahaya dihasilkan oleh filamen listrik yang dipanaskan dengan arus listrik, lampu lucutan gas, cahaya dihasilkan dari busur listrik melalui gas, dan lampu LED, yang menghasilkan cahaya melalui aliran elektron yang melewati celah pada semikonduktor.

Sebelum penerangan listrik menjadi umum diawal abad ke-20, manusia menggunakan lilin, cahaya gas, lampu minyak, dan api.[3] Humphry Davy mengembangkan cahaya pijar pertama tahun 1802, diikuti oleh penggunaan lampu busur pertama tahun 1806. Pada tahun 1870-an, lampu busur buatan Davy telah sukses dikomersialkan dan digunakan untuk menerangi banyak ruangan publik. Pengembangan filamen bercahaya yang cocok untuk penerangan interior berjalan lambat, namun diawal abad ke-20 para penemu telah sukses mengembangkannya, menggantikan lampu busur dengan lampu pijar.[1][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Reisert, Sarah (2015). "Let there be light". Distillations Magazine 1 (3): 44–45. Diakses tanggal 5 November 2015. 
  2. ^ "Lamp". Dictionary.com. Diakses tanggal Nov 9, 2014. 
  3. ^ a b Freebert, Ernest (2014). The age of Edison : electric light and the invention of modern America. Penguin Books. ISBN 978-0143124443.