Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (Bahasa Inggris: private placement) atau disingkat PMTHMETD adalah aksi penambahan modal dengan cara menerbitkan saham baru oleh perusahaan yang penjualannya langsung ditargetkan ke investor besar atau grup investor, tanpa melalui transaksi regular di bursa saham.

Sama seperti HMETD pada rights issue, tujuan utama PMTHMETD atau private placement adalah menambah modal perusahaan yang dapat digunakan untuk ekspansi, pembayaran hutang, atau pembayaran operasional perusahaan lainnya. Private placement juga bisa digunakan untuk merekrut investor strategis yang dapat membantu jalan dan perkembangan perusahaan.

Perbedaan mendasar dari rights issue dan private placement adalah tidak adanya hak bagi pemegang saham lama untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan pada private placement. Jumlah maksimal saham baru yang bisa diterbitkan oleh perusahaan pada aksi private placement adalah 10% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.[1] Sedangkan nilai yang dipakai untuk menentukan harga dari saham baru adalah harga rata - rata penutupan 25 hari aktif bursa berturut - turut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]