Penaklukan Stockholm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penaklukan Stockholm
Bagian dari Perang Pembebasan Swedia

Gustav Vasa Memasuki Stockholm
Carl Larsson, 1908
Tanggal17 Juni 1523
LokasiStockholm, Swedia
Hasil Kemenangan Swedia, Stockholm direbut Gustav Vasa
Pihak terlibat
Swedia Denmark
Tokoh dan pemimpin
Gustav Vasa

Penaklukan Stockholm (bahasa Swedia: Erövringen av Stockholm) adalah peristiwa yang berlangsung di kota Stockholm, Swedia, pada tanggal 17 Juni 1523 selama Perang Pembebasan Swedia. Pasukan Swedia telah lama mengepung kota Stockholm yang merupakan benteng terakhir Denmark di Swedia. Kota ini menunggu bala bantuan dari Denmark, tetapi bantuan tidak pernah datang. Maka dari itu, pasukan yang mempertahankan Stockholm mencoba melakukan perundingan.

Upaya perundingan pertama dimulai dengan pemahaman bahwa pasukan di Stockholm akan menyerah kepada Lübeck, dan Lübeck dan Danzig akan memberikan kompensasi kepada mereka. Gustav Vasa menolak menerima usulan ini dan pengepungan terus berlanjut.

Pada Juni 1523, perundingan dilanjutkan. Pasukan yang mempertahankan Stockholm sudah letih dan mereka hanya ingin keluar dari kota tersebut sembari membawa perlengkapan mereka. Permintaan ini diterima oleh Gustav Vasa. Pada tanggal 17 Juni, kota dan kastil Stockholm secara resmi menyerah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Sundberg, Ulf (1998). "Befrielsekriget 1521-1523". Svenskt Militärhistoriskt Bibliotek (dalam bahasa Swedish). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-16. Diakses tanggal 2011-11-20.