Perang Inka-Chimor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Penaklukan Inka di Chimor)
Perang Chimor-Inka

Peta lokasi Chimor dan Inka serta sekutu dan bawahannya.
Tanggal~1470
LokasiBarat laut Peru
Hasil

Kemenangan Inka

  • Chimor berakhir.
  • Chan Chan dijarah dan dibangun kembali, Perajin dan Pandai emas dibawa ke Cuzco.
  • Minchacaman dibawa ke Cuzco, putranya Chumun Caur diangkat sebagai bawahan Inka .
Perubahan
wilayah
Pihak terlibat
Kerajaan Chimor Tawantinsuyu
Tokoh dan pemimpin
  • Minchancaman
    Querrotumi
Topa Inca Yupanqui
Awki Yupanqui
Tilca Yupanqui

Perang Inka-Chimor adalah konflik yang terjadi pada akhir abad ke-15 antara Kekaisaran Inka dan Kerajaan Chimor di pesisir Peru. Pada saat konflik, Kerajaan Chimor sedang dalam proses perluasan teritorial, tetapi karena Kekaisaran Inka muncul sebagai kekuatan baru, Chimor tidak dapat menghindari penaklukannya. Pertikaian awal terjadi ketika Kekaisaran Inka menaklukkan kota Cajamarca di pedalaman non-Chimor. Suku Inka yang dipimpin oleh Topa Inca Yupanqui menanggapi permusuhan dengan pertama-tama maju ke utara ke Quito di Ekuador modern dan kemudian mengalihkan perhatian mereka ke Kerajaan Chimor. Setelah ditaklukkan, suku Inka membentuk pemerintahan tidak langsung atas Chimor. Untuk mengkonsolidasikan kemenangan suku Inka menekan Chimor untuk menyerahkan pemimpin Chimor cacique Minchançaman yang melakukan perjalanan ke Cuzco menjadi "tawanan berharga" sementara putranya yang lebih kolaboratif menyetujui posisinya di tanah airnya.[1][2]

Lukisan tentara Inka

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Netherly, Patricia J. (1988). "El Reino de Chimor y el Tawantinsuyu". Dalam Dillehay, Tom D.; Netherly, Patricia. La frontera del Estado Inca (PDF) (dalam bahasa Spanyol). Quito. hlm. 85–105. 
  2. ^ Fauria i Roma, M. Carme (1989). "Avances y límites del Imperio Inca en la costa norte". Boletín americanista (dalam bahasa Spanyol). 39–40: 27–51. Diakses tanggal January 14, 2019.