Chimor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Chimor (disebut juga Kerajaan Chimor) adalah kelompok politik budaya Chimú yang memerintah pantai utara Peru sekitar awal 850 dan berakhir sekitar tahun 1470. Chimor adalah kerajaan terbesar di Akhir periode Menengah, meliputi 1.000 kilometer (620 mi) dari garis pantai. Kota terbesar yang masih hidup setelah kehancuran peradaban ini adalah kota Chan Chan terletak 4 kilometer (2,5 mi) barat laut dari modern Trujillo, Peru.

Chimu Piece, Imperial Zaman, 1300-1532 Larco Koleksi Museum
Akhir Periode Menengah Budaya

Chimú tumbuh dari sisa-sisa kebudayaan Moche. Lembah-lembah pertama tampaknya telah bergabung secara sukarela, tetapi kebudayaan Sican diperoleh lewat penaklukan. Mereka juga secara signifikan dipengaruhi oleh kebudayaan pra-Inca di Cajamarca dan Wari. Menurut legenda, modal Chan Chan didirikan oleh Taycanamo, yang tiba di daerah laut.

Chimor adalah  kerajaan terakhir yang memiliki kesempatan untuk menghentikan Kerajaan Inca. Tapi penaklukan Inca mulai di 1470s oleh Topa Inca Yupanqui, mengalahkan kaisar dan keturunan Tacaynamo, Minchancaman, dan sudah hampir selesai ketika Huayna Capac diasumsikan tahta pada tahun 1493.

Keramik Chimú biasanya bernoda hitam. Hal ini juga dikenal dalam keindahan dan kerumitan pengerjaan logam, salah satu yang paling maju dari masa era pra-Columbus.