Penahanan pra-persidangan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lady Justice —kiasan keadilan—patung di gedung pengadilan di Olomouc, Republik Ceko

Penahanan pra-persidangan, yang juga dikenal sebagai penahanan sebelum sidang, penahanan pra-peradilan, penahanan preventif, penahanan sementara, atau tahanan, adalah proses menahan seseorang hingga sidang mereka setelah mereka ditangkap dan dituduh melakukan suatu pelanggaran. Seseorang yang berada dalam penahanan praperadilan ditahan di penjara, pusat tahanan, atau di bawah tahanan rumah. Meskipun istilah yang bervariasi digunakan, namun "penahanan pra-peradilan" umumnya digunakan dalam yurisdiksi hukum umum, sementara "penahanan preventif" lebih umum digunakan di tempat lain. Namun, di Amerika Serikat, istilah "penahanan praperadilan" jarang digunakan kecuali dalam dokumen resmi, dan istilah "penjara" menjadi istilah utama.[1] Penahanan sebelum tuduhan umumnya disebut sebagai tahanan, sementara penahanan yang berlanjut setelah vonis disebut sebagai penjara.

Karena penahanan tanpa persidangan bertentangan dengan asas praduga tak bersalah, penahanan praperadilan di demokrasi liberal biasanya tunduk pada perlindungan dan pembatasan. Biasanya, seorang tersangka hanya akan ditahan jika kemungkinan besar mereka dapat melakukan kejahatan serius, menghalangi penyelidikan, atau tidak hadir dalam sidang. Pada sebagian besar kasus pengadilan, tersangka tidak akan ditahan selama menunggu sidang, seringkali dengan pembatasan seperti jaminan.

Penelitian tentang penahanan praperadilan di Amerika Serikat menemukan bahwa penahanan praperadilan meningkatkan kemungkinan terjadinya vonis bersalah, terutama karena individu yang seharusnya dibebaskan atau dituduh mengajukan kesepakatan mengakui kesalahannya.[2][3] Tinjauan pada tahun 2021 terhadap penelitian yang ada menemukan bahwa "sistem praperadilan saat ini [di AS] memberikan kerugian ekonomi yang signifikan secara jangka pendek dan panjang pada terdakwa yang ditahan dalam hal pendapatan yang hilang dan bantuan pemerintah, sementara memberikan sedikit manfaat dalam menurunkan aktivitas kriminal untuk kepentingan publik... biaya jaminan tunai dan penahanan praperadilan secara tidak proporsional ditanggung oleh individu kulit hitam dan Hispanik, menciptakan perbedaan rasial yang besar dan tidak adil dalam jaminan tunai dan penahanan yang tidak dapat dijelaskan oleh perbedaan mendasar dalam risiko kelakuan praperadilan."[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "28 CFR § 115.5 - General definitions". LII / Legal Information Institute (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-01-04. 
  2. ^ Dobbie, Will; Goldin, Jacob; Yang, Crystal S. (2018). "The Effects of Pre-Trial Detention on Conviction, Future Crime, and Employment: Evidence from Randomly Assigned Judges". American Economic Review (dalam bahasa Inggris). 108 (2): 201–240. doi:10.1257/aer.20161503. ISSN 0002-8282. 
  3. ^ Stevenson, Megan T. (2018). "Distortion of Justice: How the Inability to Pay Bail Affects Case Outcomes". The Journal of Law, Economics, and Organization (dalam bahasa Inggris). doi:10.1093/jleo/ewy019. 
  4. ^ Dobbie, Will; Yang, Crystal S. (2021). "The US Pretrial System: Balancing Individual Rights and Public Interests". Journal of Economic Perspectives (dalam bahasa Inggris). 35 (4): 49–70. doi:10.1257/jep.35.4.49. ISSN 0895-3309.