Pemerkakasan cepat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemerkakasan cepat ( RT ) dalam industri cetakan injeksi plastik mengacu pada cetakan yang diproduksi dalam waktu yang sangat singkat, dimana disebut juga pemerkakasan purwarupa.[1] Beberapa keuntungan utama perdagangan pemerkakasan cepat adalah mengurangi waktu dan biaya produk. Karena pemerkakasan cepat menjadi cepat dan mudah direproduksi, maka diperlukan lebih sedikit stok untuk perkakas jadi. Alat-alat ini akan diproduksi sesuai permintaan dan segera tersedia. Alat atau perkakas khusus yang tidak lagi memiliki pemasok di pasar dapat direproduksi tanpa upaya desain dan produksi yang lebih besar. Namun kelemahannya adalah tidak akurat dan juga memperpendek umur produk.

Pemerkakasan cepat terutama digunakan untuk kebutuhan spesifik termasuk pemurwarupaan dan pemecahan masalah yang ada. Pemurwarupaan cepat jarang digunakan untuk operasi skala besar dan jangka panjang. Namun demikian, pemerkakasan cepat mulai digunakan untuk membuat cetakan untuk operasi komersial karena jeda waktu yang sangat singkat antara awal hingga akhir dan karena file CAD adalah satu-satunya hal yang diperlukan untuk tahap desain.[2] Karena metode alternatif memerlukan waktu dan sumber daya yang berharga, pemerkakasan cepat menyediakan cara untuk menyediakan cetakan untuk produk yang dibutuhkan dengan cepat. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat membuat produk komersial dengan kemajuan pemurwarupaan cepat .[3]

Selain itu, pemerkakasan cepat menyediakan penyesuaian yang diperlukan untuk aplikasi pribadi. Daripada melakukan pengukuran coba-coba yang membosankan, proses pembuatan purwarupa yang cepat memungkinkan ilmuwan dan dokter memiliki kemampuan untuk memindai dan mendigitalkan item atau pasien. Kemudian dengan memasukkannya melalui program CAD, cetakan khusus pribadi dapat dibuat untuk memperbaiki masalah tersebut. Contoh dari prosedur ini adalah untuk pasien gigi. Awalnya untuk membuat aplikasi oral, cetakan alginat atau registrasi lilin digunakan agar sesuai dengan gigi dengan cetakan. Dengan kemajuan baru, dokter dapat melakukan pemindaian pada lengkung gigi untuk membuat cetakan silikon untuk pasien dengan benar dan cepat. Hal ini memungkinkan akurasi yang lebih baik dan penyesuaian cetakan yang lebih akut di masa depan.[4]

Berbeda dengan pemerkakasan cepat, pemerkakasan produksi (PP) mengacu pada cetakan yang diproduksi menurut proses normal dalam waktu produksi normal. beberapa keunggulan utama pemerkakasan produksi adalah memiliki Siklus Hidup yang lebih besar dan cocok untuk produksi massal .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David. "What is Prototype Tooling?". High quality product development company | DeepSea. 
  2. ^ Kalpakjian, Serope (2007). Manufacturing Processes for Engineering Materials (edisi ke-5th). New York: Prentice Hall. ISBN 978-0132272711. 
  3. ^ Hilton, Peter (2000). Rapid Tooling:Technologies and Industrial Applications. CRC Press. ISBN 978-0203908020. 
  4. ^ Salmi, Mika (2012). "Rapid tooling method for soft customized removable oral appliances". Open Dent J. 6: 85–9. doi:10.2174/1874210601206010085. PMC 3355367alt=Dapat diakses gratis. PMID 22615719.