Pembajakan sinyal penyiaran Max Headroom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pembajakan sinyal penyiaran Max Headroom
Seorang pria tak teridentifikasi berbusana mirip Max Headroom terlihat dalam siaran yang dibajak.
Tanggal22 November 1987 (1987-11-22)
LokasiWGN-TV
WTTW
PartisipanTak teridentifikasi
HasilTak terpecahkan

Pembajakan sinyal penyiaran Max Headroom adalah sebuah pembajakan sinyal televisi yang terjadi di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada sore 22 November 1987, yang melibatkan setidaknya dua orang tak dikenal. Sinyal penyiaran dua stasiun televisi Chicago dibajak oleh seseorang tak dikenal yang mengenakan topeng dan busana Max Headroom.

Para pengganggu tersebut berhasil mengganggu siaran dua stasiun televisi dalam waktu tiga jam. Insiden pertama terjadi selama 24 detik pada siaran olahraga pukul 21:00 malam pada WGN-TV Channel 9, dan yang kedua, dua jam kemudian, setelah pukul 23:00 malam di WTTW Channel 11 yang berafiliasi dengan PBS selama sekitar 90 detik pada sebuah siaran episode seri Doctor Who Horror of Fang Rock. Siaran pembajakan kedua, yang berlangsung selama 90 detik dan direkam sebelumnya pada rekaman video, menampilkan orang yang memplesetkan WGN dan membuat sejumlah rujukan televisi, menyebut pemandu acara Chuck Swirsky, yang kemudian menyebut gangguan tersebut sebagai "adikarya bagi seluruh nerd surat kabar dunia terbesar", rujukan lain kepada surat-surat aduan WGN ("World's Greatest Newspaper").

Insiden tersebut menjadi berita nasional[1] dan sekarang disebut sebagai contoh dari apa yang dikenal dalam bisnis televisi sebagai gangguan sinyal penyiaran. Orang yang bertanggung jawab tak pernah teridentifikasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bogus 'Max Headroom' Interrupts Broadcasts On 2 Chicago Stations". The Philadelphia Inquirer. Inquirer Wire Services. November 24, 1987. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 26, 2016. Diakses tanggal June 26, 2016 – via philly-archives. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]