Pembagian serupa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang pembagian serupa

Pembagian serupa adalah sebuah bentuk lisensi Creative Commons yang mensyaratkan pengguna ciptaan untuk menggunakan lisensi hak cipta yang sama terhadap karya yang serupa.[1] Terdapat dua macam lisensi pembagian serupa, yaitu CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA.

Lisensi[sunting | sunting sumber]

Creative Commons telah mengeluarkan 4 versi lisensi CC-BY-SA, yaitu versi 1.0, versi 2.0, versi 2.5, dan versi 3.0, serta 4 versi lisensi CC-BY-NC-SA, yaitu versi 1.0, versi 2.0, versi 2.5, dan versi 3.0.[2] Salah satu pembatasan dari berbagai versi lisensi tersebut adalah setiap ciptaan turunan dari ciptaan yang ada di bawah lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi 1.0 hanya dapat dilisensikan dengan lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi 1.0 dan bukan versi lainnya.

Berbeda dengan versi 1.0, apabila lisensi yang digunakan pada ciptaan asli adalah lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi 2.0 atau versi yang lebih baru, maka ciptaan turunan dapat dilisensikan dengan lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA versi yang sama atau versi yang lebih baru. Hal ini menunjukkan adanya fleksibilitas pilihan lisensi CC-BY-SA dan CC-BY-NC-SA, yaitu apabila lisensi yang digunakan pada ciptaan merupakan versi yang terdahulu maka ciptaan turunan dapat dilisensikan di bawah versi yang terbaru. Walau demikian, apabila ciptaan dilisensikan di bawah lisensi CC-BY-SA versi terbaru, pada saat ini adalah versi 3.0, maka ciptaan turunan hanya dapat dilisensikan di bawah lisensi yang sama dan tidak dapat dilisensikan dengan versi lisensi yang telah ada sebelumnya.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ihwal, Creative Commons Indonesia[pranala nonaktif permanen], diakses pada tanggal 17 Oktober 2011.
  2. ^ (Inggris)Share Alike - CC Wiki, diakses pada tanggal 17 Oktober 2011.
  3. ^ (Inggris)FAQ - CC Wiki, Why should I use the latest version (currently 3.0) of the Creative Commons licenses?, diakses pada tanggal 21 Oktober 2011.