Pemasak lambat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pemasak lamban)
Pemasak lambat oval

Pemasak lambat[1] atau pemasak pelan (bahasa Inggris: slow cooker, crock-pot) adalah alat memasak listrik dapur yang digunakan untuk mengunyai pada suhu yang lebih rendah daripada metode memasak lainnya, seperti seperti memanggang, merebus, dan menggoreng. Hal ini membuat pemasak lambat dapat memasak bahan makanan selama berjam-jam tanpa pengawasan yang seharusnya direbus seperti panggangan panci, sup, semur, dan hidangan lainnya (termasuk minuman, pencuci mulut, dan saus cocol).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemasak lambat mencapai popularitas di AS pada tahun 1940-an, ketika banyak perempuan mulai bekerja di luar rumah. Mereka bisa mulai memasak makan malam di pagi hari sebelum berangkat kerja dan menyelesaikan menyiapkan makanan di malam hari saat mereka pulang.

Naxon Utilities Corporation of Chicago , di bawah kepemimpinan insinyur listrik Irving Naxon (lahir Irving Nachumsohn), mengembangkan Naxon Beanery All-Purpose Cooker untuk keperluan memasak tepung kacang. Naxon terinspirasi oleh cerita dari ibunya yang menceritakan bagaimana di kota asalnya di Lituania , neneknya membuat sup tradisional Yahudi yang disebut cholent yang membutuhkan waktu beberapa jam untuk dimasak dalam oven. Sebuah iklan tahun 1950 menunjukkan slow cooker yang disebut "Simmer Crock" (Alat Pengunyai]] yang dibuat oleh Industrial Radiant Heat Corp. dari Gladstone, NJ .

Perusahaan Rival dari Sedalia, Missouri, membeli Naxon pada tahun 1970, memperoleh paten Naxon tahun 1940 untuk penanak kacang mendidih. Rival meminta penemu Robert Glen Martin, dari Boonville, Missouri, untuk mengembangkan penanak kacang Naxon menjadi model produksi skala besar yang dapat memasak makanan seluruh keluarga, lebih dari sekadar memasak tepung kacang. Martin juga merancang dan memproduksi mesin produksi massal untuk lini produksi Crock-Pot milik Rival. Pemasak ini kemudian diperkenalkan kembali dengan nama "Crock-Pot" pada tahun 1971. Pada tahun 1974, Rival memperkenalkan sisipan periuk yang dapat dilepas , membuat peralatan lebih mudah dibersihkan. Merek Crock-Pot sekarang menjadi milik Newell Brands .

Merek lain dari peralatan ini termasuk Cuisinart , GE , Hamilton Beach , KitchenAid , Magic Chef , West Bend Housewares , dan American Electric Corporation yang sekarang sudah tidak ada lagi.

Desain[sunting | sunting sumber]

Untuk menggunakan pemasak lambat, juru masak memasukkan makanan mentah dan cairan, seperti kaldu , air, atau anggur, ke dalam pemasak lambat. Beberapa resep memerlukan cairan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Si juru masak menutup pemasak lambat dan menyalakannya. Beberapa alat masak secara otomatis beralih dari memasak ke menghangatkan (menjaga suhu pada 71–74 °C (160–165 °F)) setelah waktu tertentu atau setelah suhu internal makanan, seperti yang ditentukan oleh probe, mencapai nilai yang ditentukan.

Elemen pemanas memanaskan isinya hingga suhu tetap pada kisaran 79–93 °C (174–199 °F). Isinya ditutup dengan tempayan dan penutupnya, dan suhunya pada dasarnya konstan. Uap yang dihasilkan pada suhu ini mengembun di bagian bawah tutup dan kembali sebagai cairan, di mana beberapa vitamin yang larut dalam air larut.

Cairan tersebut memindahkan panas dari dinding panci ke isinya, dan juga mendistribusikan rasa. Tutup slow cooker sangat penting untuk mencegah uap hangat keluar, membawa panas, dan mendinginkan isinya.

Kompor dasar, yang hanya memiliki pengaturan tinggi, sedang, rendah, atau tetap hangat, harus dihidupkan dan dimatikan secara manual. Pemasak yang lebih canggih memiliki perangkat pengatur waktu yang terkomputerisasi yang memungkinkan seorang juru masak memprogram kompor untuk melakukan beberapa operasi (misalnya, waktu tertinggi dua jam, diikuti oleh waktu terendah dua jam, diikuti oleh pemanasan) dan untuk menunda dimulainya memasak.

Karena makanan yang dimasak dalam pemasak lambat tetap hangat dalam waktu lama setelah dimatikan, orang dapat menggunakan pemasak lambat untuk membawa makanan ke tempat lain untuk dimakan tanpa perlu dipanaskan kembali. Beberapa slow cooker memiliki tutup yang dapat ditutup rapat untuk mencegah isinya tumpah selama pengangkutan

Keuntungan[sunting | sunting sumber]

Potongan daging muprahan dengan jaringan ikat dan serat otot tanpa lemak cocok untuk direbus , dan menghasilkan semur yang lebih enak dibandingkan dengan potongan yang mahal, selama memasak perlahan akan melunakkan jaringan ikat tanpa menguatkan otot. Memasak dengan lambat akan meninggalkan jaringan gelatin di dalam daging, jadi akan lebih baik jika memulai dengan cairan yang lebih kaya.

Suhu memasak lambat yang rendah membuat hampir tidak mungkin untuk gosong; bahkan makanan yang dimasak terlalu lama. Namun, beberapa daging dan sebagian besar sayuran menjadi hampir tidak berasa atau "raggy" jika dimasak terlalu lama.

Makanan dapat diatur ke masak-lambat sehingga seseorang dapat meninggalkan masakan mereka, dan akan matang setelah ia kembali. Banyak pemilik rumah yang memiliki panel surya di atap beralih ke memasak perlahan karena menggunakan daya di bawah 1 kW sehingga dapat ditenagai seluruhnya oleh panel 1-2 kW pada siang hari. B.eberapa model dilengkapi pengatur waktu atau termostat yang mengatur suhu makanan dan kemudian menurunkannya. Dengan alat masak tanpa pengatur waktu, Anda dapat menggunakan pengatur waktu eksternal untuk menghentikan proses memasak setelah waktu yang ditentukan, atau keduanya untuk memulai dan menghentikan memasak.

Memasak makanan dalam satu panci mengurangi limbah air akibat membersihkan beberapa piring, dan suhu memasak yang rendah serta panci berlapis kaca membuat pembersihan lebih mudah dibandingkan panci konvensional dengan suhu tinggi.

Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Beberapa vitamin dan nutrisi lainnya hilang, terutama dari sayuran, sebagian karena kerja enzim selama pemasakan dan sebagian lagi karena degradasi panas. Ketika sayuran dimasak pada suhu yang lebih tinggi, enzim-enzim ini dengan cepat mengalami denaturasi dan memiliki lebih sedikit waktu untuk bertindak selama memasak. Karena slow cooker bekerja pada suhu jauh di bawah titik didih dan tidak mengubah sifat enzim dengan cepat, sayuran cenderung kehilangan sedikit nutrisi. Sayuran yang direbus , setelah terkena air yang sangat panas, telah membuat enzim-enzim ini menjadi tidak efektif, sehingga tahap merebus atau menumis sebelum dimasak akan membuat lebih banyak vitamin tetap utuh. Kehilangan nutrisi seringkali lebih kecil dibandingkan merebus secara berlebihan dan dapat dikurangi sampai batas tertentu dengan tidak membuka tutupnya hingga makanan matang.

Pemasak lambat tidak menyediakan panas yang cukup untuk mengimbangi hilangnya kelembapan dan panas karena seringnya membuka tutupnya, misalnya untuk menambah dan mengeluarkan makanan dalam rebusan terus-menerus , ( pot-au-feu , olla podrida ). Bahan tambahan harus diberi waktu masak sebelum makanan dapat disantap.

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata pemasak lambat". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 01 Januari 2024.