Lompat ke isi

Peluruan digital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peluruan
Luru digital telah digunakan untuk membuat foto tengah dari dalam foto atas. Kualitas gambar telah hilang. Namun, tidak ada kualitas yang hilang, karena lensa diperbesar secara optik untuk foto bagian bawah. Biasanya, luru digital tidak tersedia hingga luru optik telah habis.

Luru digital atau zum digital (Bahasa Inggris : digital zoom) dalah metode mengurangi sudut pandang yang tepat dari foto digital atau gambar video. Hal ini dilakukan dengan memotong gambar ke area dengan rasio aspek yang sama dengan aslinya, dan menskalakan gambar hingga dimensi aslinya. Optik kamera tidak disesuaikan. Hal ini dilakukan secara elektronik, sehingga tidak ada resolusi optik yang diperoleh. Luru digital dapat ditingkatkan dengan algoritma komputasi yang mahal yang terkadang melibatkan kecerdasan buatan.

Pada kamera yang menggunakan kempaan lesap, peluruan digital lebih disukai daripada pembesaran dalam pasca-pemrosesan, karena luru dapat diterapkan sebelum rincian hilang akibat pemgempaan. Pada kamera yang menyimpan dalam format nirlenyap, pengubahan ukuran dalam pascaproduksi menghasilkan hasil yang sama atau lebih unggul daripada luru digital.

Ponsel kelas bawah hanya menggunakan luru digital dan tidak memiliki luru optik, sementara banyak ponsel kelas atas memiliki kamera belakang tambahan, termasuk lensa telefoto tetap yang memungkinkan simulasi luru optik. Kamera berukuran penuh umumnya mempunyai lensa luru optik, tetapi beberapa menerapkan luru digital secara otomatis setelah panjang fokus optik terpanjang yang mungkin telah tercapai. Kamera profesional umumnya tidak dilengkapi luru digital

Referensi

[sunting | sunting sumber]