Kompresi lesap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam teknologi informasi, kompresi lesap (Bahasa Inggris: lossy compression) atau pemampatan kehilangan adalah kelas metode pengkodean data yang menggunakan perkiraan tidak tepat dan membuang sebagian data untuk mewakili muatan. Teknik-teknik tersebut digunakan untuk mengurangi ukuran dalam menyimpan, mengolah, dan mengirimkan muatan. Ini berbeda dengan kompresi data nirlesap (pemampatan tanpa kehilangan) yang tidak menurunkan kualitas data. Jumlah pengurangan data yang dimungkinkan menggunakan kompresi lesap jauh lebih tinggi daripada melalui teknik nirlesap.

Kompresi lesap paling umum digunakan untuk memampatkan data multimedia (audio, video, dan gambar), terutama dalam aplikasi seperti media penyiaran dan telepon Internet. Sebaliknya, kompresi nirlesap biasanya diperlukan untuk berkas teks dan data, seperti catatan bank dan artikel teks. Hal ini dapat memberikan keuntungan untuk membuat berkas induk nirlesap yang kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan salinan tambahan. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menghindari mendasarkan salinan terkompresi baru dari berkas sumber lesap, yang akan menghasilkan derau dan selanjutnya menyebabkan kehilangan informasi yang seharusnya tidak perlu.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Ini mungkin untuk memampatkan banyak jenis data digital dalam rangka mengurangi ukuran berkas komputer yang dibutuhkan untuk penyimpanan atau pita lebar yang dibutuhkan untuk transmisi dengan tanpa kehilangan informasi dalam berkas asli. Semisal gambar yang diubah menjadi berkas digital yang mempertimbangkan serangkaian titik dan menentukan warna dan kecerahan setiap titik. Bila gambar mengandung suatu bidang dengan warna sama, ini dapat dimampatkan tanpa kehilangan informasi dengan cara mengatakan "200 titik merah" daripada "titik merah, titik merah, ...(197 kali)..., titik merah."

Lihat juga[sunting | sunting sumber]