Pelumat celup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pelumat celup umum

Pelumat celup atau blender tongkat (Inggris: immersion blender, stick blender) adalah penggiling berpisau dapur yang digunakan untuk mencampur bahan atau membuat makanan lumatan dalam wadah tempat bahan disiapkan. Pelumat celup ditemukan di Swiss oleh Roger Perrinjaquet [de], yang mematenkan gagasan tersebut pada 6 Maret 1950. Dia menyebut alat baru itu "bamix", nama lakuran dari bahasa Prancis "battre et mixer" (tabuh dan campur).[1] Pelumat celup yang lebih besar untuk penggunaan komersial kadang-kadang disebut motorik perahu (dipopulerkan oleh Emeril Lagasse dan Alton Brown). Penggunaannya termasuk sup lumatan dan saus pengemulsi.

Pelumat celup terdiri dari motorik listrik yang menggerakkan pisau pemotong berputar di ujung poros yang dapat dibenamkan ke dalam makanan yang dihaluskan, di dalam wadah yang dapat dipegang dengan tangan. Poros dengan bilah sering kali dapat dilepas untuk memudahkan pembersihan, dan mungkin ada beberapa sambungan berbeda yang tersedia. Beberapa pelumat dapat digunakan dalam panci saat di atas kompor. Pelumat celup dibedakan dari pelumat meja dapur dan penghancur makanan yang perlu menempatkan makanan di wadah khusus untuk diproses, dan dari alat pengaduk tangan, yang mencampur tetapi tidak memotong.

Model untuk rumah dan penggunaan komersial ringan biasanya memiliki panjang poros yang dapat dicelupkan sekitar 16 sentimeter (6,3 in), tetapi model komersial untuk tugas berat tersedia dengan poros hingga 53 sentimeter (21 in) atau lebih. [2] Model rumah tersedia dalam versi kabel atau tanpa kabel. Peringkat daya motorik berkisar sekitar 120 W [3] hingga lebih dari 600 W untuk model tugas berat. [2] Model domestik mungkin dilengkapi dengan piala (kepala) atau aksesori lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Calvera, Anna (2014-04-11). Formació del Sistema Disseny Barcelona (1914-2014), un camí de modernitat, La. Assaigs d'història local (dalam bahasa Katalan). Edicions Universitat Barcelona. hlm. 320. ISBN 978-84-475-3780-8. 
  2. ^ a b "Hand (Stick) Blenders". KCM Catering Equipment. Diakses tanggal 25 May 2016.  A Web site listing a range of typical commercial models, with links to specifications pages.
  3. ^ "BAMIX HAND STICK BLENDER WITH MIXER, MINCER & BEATER". A catering equipment supplier. Diakses tanggal 25 May 2016.