Pelota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Permainan Pelota di Ustaritz

Pelota adalah sebutan untuk berbagai olahraga lapangan yang dimainkan dengan bola menggunakan tangan, raket, pemukul kayu atau keranjang, menghadap dinding (frontis atau fronton) atau, lebih tradisional, dengan dua tim yang saling berhadapan yang dipisahkan oleh garis. di tanah atau jaring. Akar dari kelas permainan ini dapat ditelusuri ke Yunani dan budaya kuno lainnya.[1]

Istilah pelota mungkin berasal dari istilah bahasa Latin Umum pilotta (permainan bola). Ini adalah bentuk kecil dari kata pila yang mungkin berhubungan dengan linen keras atau bola kulit yang diisi dengan pilus (bulu atau rambut)[2] atau dengan kata Latin untuk pukulan atau sekop dan terkait dengan kata bahasa Inggris pellet.[3]

Saat ini, pelota Basque dimainkan di beberapa negara. Di Eropa, olahraga ini terkonsentrasi di Spanyol dan Prancis, khususnya di Pais Vasco. Olahraga ini juga dimainkan di negara-negara Amerika Latin seperti Argentina, Chili, Uruguay, dan Kuba. Dioperasikan sebagai perusahaan game bernama Jai Alai, itu terlihat di beberapa bagian AS seperti Florida, Connecticut, Nevada, dan Rhode Island.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The origins of pelota (ball) Is pelota Basque?". International Federation of Basque Pelota. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 July 2012. Diakses tanggal 28 August 2017. 
  2. ^ "Roman and Greek Games". www.greekforme.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 October 2013. Diakses tanggal 28 August 2017. 
  3. ^ "Online Etymology Dictionary". www.etymonline.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 August 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]