Pelita Bangka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pelita Bangka merupakan sebuah surat kabar berbahasa Melayu yang terbit di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Surat kabar ini terbit pertama kali pada Februari 1928.[1]

Pendirian surat kabar ini merupakan hasil kerja sama antara pribumi dengan Tionghoa di Sungailiat, Bangka. Surat kabar ini diterbitkan oleh perusahaan bernama Persbureau Maras di Sungailiat, Bangka. Pelita Bangka berkantor di Kazerneweg (kini Jalan Kesatriaan II), Bangka.

Surat kabar ini dipimpin oleh Md. Joesoep sebagai hoofdredacteur dan Boehatim sebagai direktur. Perusahaan ini juga merekrut Oemar Effendi untuk memimpin di bidang administrasi.

Pada awal penerbitannya, surat kabar ini identik dengan dua huruf cina yang mengapit nama Pelita Bangka di halaman pertama bagian atas. Namun, identitas tersebut hanya berlangsung selama enam edisi. Pada edisi ketujuh, huruf cina tersebut dihapus.

Surat kabar ini terbit satu kali dalam seminggu yang terbut pada setiap hari Kamis. Redaksinya mengisi tiga halaman suratkabar ini dengan berita-berita dan satu halaman sisanya dengan iklan. Surat kabar ini mematok harga berlangganan f1,50 setiap tiga bulan untuk pembaca di Indonesia dan pembaca luar negeri harus membayar f2.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seabad Pers kebangsaan, 1907–2007 (edisi ke-Cet. 1). Jakarta: I:Boekoe. 2007. hlm. 338–340. ISBN 978-979-1436-02-1. OCLC 289071007.