Pelimpahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

 

Dalam hukum, pelimpahan adalah pengalihan hak milik sah atas properti nyata dari satu orang ke orang lain, atau pemberian pembebanan seperti hipotek atau hak gadai .[1] Transaksi pelimpahan pada umumnya mempunyai dua fase utama: pertukaran kontrak (ketika kepentingan yang adil tercipta) dan penyelesaian (juga disebut penyelesaian, ketika hak milik yang sah berpindah dan hak yang adil bergabung dengan hak milik yang sah).

Penjualan tanah diatur oleh hukum dan praktik yurisdiksi di mana tanah tersebut berada. Merupakan persyaratan hukum di semua yurisdiksi bahwa kontrak penjualan tanah harus dibuat secara tertulis. Pertukaran kontrak melibatkan dua salinan kontrak penjualan yang ditandatangani, satu salinannya disimpan oleh masing-masing pihak. Ketika para pihak berkumpul, keduanya biasanya menandatangani kedua salinan tersebut, satu salinannya disimpan oleh masing-masing pihak, terkadang dengan penyerahan salinan secara resmi dari satu pihak ke pihak lainnya. Namun, biasanya salinan yang disimpan oleh masing-masing pihak cukup ditandatangani oleh pihak lainnya saja — sehingga kontrak "dipertukarkan". Aturan ini memungkinkan kontrak untuk "dipertukarkan" melalui surat. Kedua salinan kontrak penjualan menjadi mengikat hanya setelah masing-masing pihak memiliki salinan kontrak yang ditandatangani oleh pihak lainnya—yaitu, pertukaran dikatakan "lengkap". Pertukaran melalui sarana elektronik pada umumnya tidak cukup untuk pertukaran, kecuali undang-undang yurisdiksi secara tegas memvalidasi tanda tangan tersebut.

Pembeli properti riil bertanggung jawab untuk memastikan bahwa ia memperoleh hak milik yang baik dan dapat dipasarkan atas tanah tersebut—yaitu, bahwa penjual adalah pemiliknya, mempunyai hak untuk menjual properti tersebut, dan tidak ada faktor yang dapat menghalanginya. menghalangi hipotek atau penjualan kembali. Beberapa yurisdiksi telah menetapkan beberapa perlindungan bagi pembeli, selain kemampuan pembeli untuk melakukan penggeledahan terkait properti.

Sistem pelimpahan biasanya dirancang untuk memastikan bahwa pembeli mendapatkan hak milik atas tanah beserta semua hak yang menyertai tanah tersebut, dan diberitahu tentang pembatasan apa pun sebelum pembelian. Banyak yurisdiksi telah mengadopsi sistem pendaftaran tanah untuk memfasilitasi pengangkutan dan mendorong ketergantungan pada catatan publik dan meyakinkan pembeli tanah bahwa mereka memiliki hak milik yang baik.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Black's Law Dictionary (7th ed. 1999)
  2. ^ Dukeminier et al., Property 559 (6th ed. 2006)